Wali Kota Hendri Septa Resmikan Posyandu Prima dan Program Patwal Konvoi di TBG Padang

Minggu, 5 Februari 2023 20:21 WIB

Share
Foto Humas Pemko Padang
Foto Humas Pemko Padang

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Persoalan stunting atau masalah kurang gizi kronis yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak merupakan masalah yang serius dan memerlukan penanganan sejak dini. 

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota Padang terus melakukan berbagai upaya agar kasus stunting dapat ditekan secara masiv di Kota Padang.

"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita menyambut baik dan mengapresiasi hadirnya Posyandu Prima dan juga program Patwal Konvoi (Pantau Tumbuh Kembang Anak dengan WA Grup, Leaflet, Kode QR dan Video Edukasi) di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kelurahan Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo ini. Semoga menjadi solusi dalam membantu menyehatkan para ibu yang mengandung dan anak yang dikandung serta menjaga pertumbuhan anak ke depan," ujar wali kota saat meresmikan Posyandu Prima dan program Patwal Konvoi tersebut, Sabtu (4/2/2023).

Menurut Hendri Septa, prevalensi Stunting Kota Padang saat ini cukup mengkhawatirkan. Karena itu ia berharap, melalui keberadaan Posyandu Prima dan seperti program Patwal Konvoi menjadi salah satu gerakan pentahelix untuk percepatan penurunan stunting di Kota Padang. 

 

 

"Kita sangat berharap tidak saja pemerintah, namun dunia usaha, perguruan tinggi, kelompok masyarakat disertai unsur terkait lainnya saling mendukung untuk mengentaskan stunting di kota ini," imbuhnya.

"Salah satu upaya itu tentunya dalam bentuk pemberian bantuan makanan tambahan untuk perbaikan asupan gizi bagi para bayi di bawah dua tahun (baduta). Terkhusus kepada para Camat beserta Lurah dan Puskemas saya minta untuk lebih proaktif menyikapi masalah ini demi menciptakan para generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas," ujarnya.

Seperti diketahui, terkait program Patwal Konvoi yaitunya sebuah program inovasi dari dokter muda Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand).

Program ini bertujuan untuk membantu ibu dalam memantau tumbuh kembang anak di periode keemasannya. Sehingga dengan itu dapat mencegah gangguan pertumbuhan yang dapat terjadi contohnya stunting yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia.
 
Dalam peresmian Posyandu Prima dan program Patwal Konvoi di Pustu Kelurahan Tabing Banda Gadang saat itu, juga dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati beserta jajaran, Kepala DP3AP2KB Kota Padang Eri Sendjaya serta Camat Nanggalo Magdalena, Kepala Puskesmas Lapai Kecamatan Nanggalo dr Mela Aryati dan lainnya. (Weza)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler