Andri Warman Ikuti Pencanangan Gemapatas Secara Virtual di Sukabu Lubuk Basung Agam

Sabtu, 4 Februari 2023 11:58 WIB

Share
Foto Humas Pemkab Agam
Foto Humas Pemkab Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI canangkan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas), yang dilaksanakan secara serentak di 33 Provinsi se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Agam Andri Warman, didampingi Kepala ATR/BPN Agam, Yunaldi, Forkopimda, Kadis Perkim Agam, Rinaldi, Camat Lubuk Basung, Wali Nagari Kampuang Tangah, dan lainya, mengikuti kegiatan ini secara virtual di Sikabu, Nagari Kampuang Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Jumat (3/2/2023).

Pencanangan Gemapatas ini ditandai dengan pemukulan kentungan oleh Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, dan dilanjutkan dengan pemasangan tanda batas.

Hadi Tjahjanto mengatakan, Gemapatas merupakan program Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI untuk percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

 

 

“Dengan terdaftarnya tanah di BPN, maka dapat mengurangi konflik pertanahan dan konflik sengketa batas, yang selama ini terjadi di tengah masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, Gemapatas merupakan gerakan yang dilakukan oleh masyarakat para pemilik tanah untuk memasang tanda batas tanah, sesuai batas tanah yang dimiliki. Pemasangan tanda batas bisa menggunakan patok besi, patok beton dan cat.

“Mafia tanah saat ini sedang tiarap. Dengan adanya kegiatan ini akan mendukung masyarakat dalam melindungi tanahnya dari serobotan mafia tanah,” ujarnya.

Pencanangan Gemapatas sebanyak satu juta patok dilakukan di seluruh Indonesia. Dengan program pemasangan patok serentak dan berkelanjutan, maka akan dapat mengurangi konflik tanah.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler