Tahun Ini, Pemerintah Kabupaten Agam Fokus Data PBB-P2 di 4 Kecamatan

Kamis, 2 Februari 2023 18:09 WIB

Share
Foto Humas Pemkab Agam
Foto Humas Pemkab Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID – Tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten  Agam fokuskan pendataan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di empat kecamatan yang ada di daerah itu.

Kamis (2/2/2023), Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Agam Widya Putri Nanda mengatakan, tahun ini pihaknya memfokuskan pendataan PBB-P2 di empat kecamatan.

“Ke empat kecamatan tersebut adalah Kecamatan Lubuk Basung, Banuhampu, Tilatang Kamang, dan Ampek Angkek,” ujarnya.

Dikatakan, untuk pendataan ini, pihaknya melibatkan 70 petugas yang berasal masyarakat dan mahasiswa geografi UNP. 

“Untuk tiga bulan pertama, kita fokus pendataan di Kecamatan Lubuk Basung, pada April-Juni di Kecamatan Banuhampu, Juli-September di Kecamatan Tilatang Kamang, dan pada Oktober-Desember pendataan di Kecamatan Ampek Angkek,” jelasnya.

Dijelaskan, pada awal kemaren, proses pendataan sempat tertunda beberapa saat, karena ada gangguan teknis terkait aplikasi yang digunakan.

“Namun Alhamdulillah proses pendataan sudah kembali berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap, pendataan PBB-P2 ini bisa mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena dengan data terbaru terkait data objek pajak dan subjek pajak, serta pembaharuan Zona Nilai Tanah (ZNT) akan berdampak pada kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

“Data yang akurat akan memudahkan untuk pemungutan dan penentuan potensi target pajak daerah,” jelasnya. (Wsy)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler