Wagub Sumbar Lombakan Percepatan Vaksinasi Antardinas Peternakan

Sabtu, 28 Januari 2023 18:25 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Menanggulangi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kementerian Pertanian melakukan Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan PMK Nasional Tahun 2023 secara serentak di 29 Provinsi di seluruh Indonesia, Sabtu (29/1/2023).

Pelaksanaan kick off ini menjadi penanda bagi seluruh masyarakat khususnya peternak, bahwa pemerintah terus berkomitmen dalam penanggulangan wabah PMK. 

Mengawali tahun 2023, Kementerian Pertanian telah menyiapkan 30 juta dosis vaksin PMK. Sementara Provinsi Sumatera Barat mendapat kuota sebanyak 700 ribu dosis, disertai obat-obatan dan disinfektan.

Mengikuti kick off secara daring dari Rumah Potong Hewan Aia Pacah, Koto Tangah, Kota Padang, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam penanggulangan dan pengendalian PMK. 

Pada tahun 2023 ini, kata Wagub, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan untuk menyasar seluruh ternak ruminansia.

 

 

"Tahun lalu sapi perah sudah 100 persen divaksin, sapi potong sudah booster ketiga," ungkap Wagub.

Kemudian untuk menstimulus percepatan pengendalian PMK, Wagub menjelaskan, pemerintah provinsi telah menyiapkan program perlombaan vaksinasi PMK bagi dinas-dinas peternakan di tingkat kabupaten dan kota. 

Dinas peternakan dengan persentase capaian vaksin PMK tertinggi akan dihadiahi bantuan hewan ternak dan bantuan peternakan lainnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler