Ratusan Korban Gempa Talamau Melakukan Aksi Damai Disekitar Kantor Bupati Pasbar

Senin, 9 Januari 2023 14:53 WIB

Share

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Perayaan HUT Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar yang ke-19 mendapat ucapan dari seluruh lapisan kalangan. Termasuk kado terindah dari warga korban gempa dari Kecamatan Talamau.

Ratusan warga Kajai dan Pinaga Kecamatan Talamau melakukan aksi unjuk rasa dengan mendatangi kantor bupati menuntut hak mereka yang belum terealisasikan.

“Kami ingin kejelasan dari Pemkab Pasaman Barat tentang nasib kami korban gempa yang belum ada bantuan baik bagi rumah rusak ringan, sedang maupun berat di Kecamatan Talamau umumnya,” sebut Mashendy salah seorang orator pengunjuk rasa, di depan kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (9/1/2023). 

Ia mengatakan ratusan masyarakat masih tidur ditenda darurat hingga saat ini hampir satu tahun bencana gempa di daerah itu pada 25 Februari 2022 lalu. 

“Kami ingin bertemu bupati dan wakil bupati langsung untuk mempertanyakan nasib kami,” katanya. 

Pihaknya juga meminta agar anggaran bantuan bagi korban segera dicairkan baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten sesuai daftar nama yang telah di SK-kan. 

“Sebentar lagi mau bulan puasa dan ratusan warga masih tidur di tenda darurat. Segeralah selesaikan rumah bantuan itu secepatnya,” ujarnya. 

Kemudian mereka juga meminta agar pelaksanaan pembangunan rumah bantuan itu dapat terbuka dan transparan. 

Para pengunjuk rasa berkumpul di halaman Masjid Agung Pasaman Baru sekitar pukul 11.30 WIB. Kemudian berjalan kaki menuju kantor bupati yang berjarak sekitar 500 meter dengan membawa berbagai macam spanduk dan atribut lainnya. 

Sesampai di persimpangan gerbang rumah dinas bupati para pengunjuk rasa disambut oleh pihak keaamanan dan pihak terkait dari Pemkab Pasaman Barat. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler