Uda Rio Motivasi Peserta Workshop KIM Diskominfotik Sumbar

Kamis, 1 Desember 2022 11:18 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Konten kreator Sumatera Barat (Sumbar) yang tengah naik daun Verio Hasferi alias Uda Rio, menjadi narasumber dalam Workshop Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang digelar Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar, di Grand Bunda Hotel, Bukittinggi, Rabu (30/11/2022).

Dalam workshop yang mengusung tema Optimalisasi KIM Melalui Platform Media Sosial tersebut, Uda Rio yang telah sukses membesarkan namanya melalui kanal Youtube Garundang, dan akun instagram serta tiktok udario.id itu menyampaikan kiat-kiat sukses bermedia sosial.

Mengawali pemaparannya, pria asal Koto Baru, Kabupaten Solok itu mengajak peserta untuk mengetahui terlebih dahulu calon penonton sebelum membuat konten di platform media sosial. Bila perlu lakukan riset sebelum melangkah pada optimalisasi media sosial.

"Sebaiknya kita tahu dulu siapa penonton kita. Disarankan riset terlebih dahulu. Cara berkembang masing-masing media sosial itu berbeda, makanya kita harus punya strategi berbeda juga di setiap platform," ujar Uda Rio.

Selanjutnya, secara detil Uda Rio menjelaskan langkah-langkah mengoptimalkan media sosial, khususnya pada platform Youtube, Instagram dan Tiktok. Secara garis besar, langkah optimalisasi dimulai dengan menetapkan tema atau konsep channel/akun, lalu bangun personal branding, kemudian buat konten related atau umum terjadi di masyarakat. Langkah lainnya adalah kolaborasi dan konsisten.

"Konsisten dan ikuti perkembangan zaman. Itu kata kunci sukses di platform media sosial. Harus rutin membuat konten dan jangan lupa hastag akun akun yang sudah besar agar dishare kembali," jelas Uda Rio.

 

 

Ia juga mengajak puluhan peserta workshop dari KIM se-Sumbar untuk mencoba memulai dari konten ringan dengan menggunakan handphone. 

Pada sesi diskusi, para peserta antusias mengajukan berbagai pertanyaan tentang berbagai hal, terutama menjadikan potensi di nagari bisa dikenalkan melalui media sosial. Uda Rio menyarankan agar KIM juga membangun personal brandingnya masing-masing sehingga akan lebih mudah mempromosikan potensi daerah.

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler