Tim Pora Agam Rapat Koordinasi, Tingkatkan Pengawasan Orang Asing

Selasa, 29 November 2022 13:01 WIB

Share
Foto Humas Pemkab Agam
Foto Humas Pemkab Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID – Bupati Agam diwakili Asisten I Setdakab Agam, Rahman, SIP menghadiri Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) tingkat Kabupaten Agam di Balcone Hotel, Tilatang Kamang, Senin (28/11/2022). 

Rapat ini turut dihadiri Instansi pemerintah daerah dan Forkopimda Kabupaten Agam.

Pertemuan itu merupakan salah satu kegiatan yang dinaungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melalui Divisi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam.

Rahman mengatakan, tujuan diselenggarakannya pemantauan dan pengawasan orang asing adalah dalam rangka menjamin keamanan, stabilitas politik, persatuan dan kesatuan serta kewaspadaan terhadap segala dampak negatif yang timbul akibat keberadaan orang atau tenaga kerja asing di wilayah hukum Kabupaten Agam. 

“Berdasarkan data terbaru, ada 27 WNA yang berasal dari delapan negara tersebar di Kabupaten Agam,” ucapnya.

Melihat jumlah dan sebaran orang asing di Kabupaten Agam katanya, pihaknya harus mengetahui dan memastikan tujuan dari WNA itu sendiri demi menjaga keamanan dan ketertiban.

“Jika kita kelompokkan berdasarkan WNA yang memiliki izin tinggal, maka ada enam kecamatan yang menjadi daerah sebaran, diantaranya, Kecamatan Canduang (satu orang), Tilatang Kamang (empat orang), Ampek Angkek (enam orang), Banuhampu (empat orang), Maninjau (dua orang), dan Tanjung Mutiara (satu orang),” kata Rahman. 

 

 

Dengan demikian kata Rahman, para WNA yang menetap atau bekerja di Agam, sah secara keimigrasian hendaknya juga perlu diberikan rasa aman, nyaman dan diayomi bersama hingga timbul kesan bahwa Agam adalah daerah yang aman dan ramah untuk pendatang. 

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar