Hifzil Qur'an 1 Juz dan 5 Juz Diikuti 25 Qori dan Qoriah

Selasa, 29 November 2022 12:52 WIB

Share
Foto Kominfo Padang Panjang
Foto Kominfo Padang Panjang

SUMBAR.POSKORA.CO.ID -- Sebanyak 25 qori dan qoriah, mengikuti cabang Hifzil Qur'an 1 Juz dan 5 Juz Non Tilawah pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Naional XL-2022 tingkat Kota Padang Panjang, Senin (28/11/2022). 

Peserta yang berasal dari Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Padang Panjang Timur (PPT) dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) itu, bertanding di Masjid Jami' Nurul Huda. Kafilah PPB dan PPT masing-masingnya mengikutsertakan enam qori dan qoriah cabang Hifzil Qur'an 1 Juz dengan rentang umur maksimal 13 tahun. 

Sedangkan Hifzil Qur'an 5 Juz, diikuti enam peserta umur maksimal 19 tahun. Adapun dari LPTQ, sebanyak 13 peserta bermusabaqah pada cabang Hifzil Qur'an 5 Juz.

Salah seorang Dewan Juri, Masrizon, menyampaikan, peserta yang menjuarai MTQ ini nantinya berpotensi mewakili Kota Padang Panjang  pada MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan. "Mereka dites lagi, mana yang terbaik itu yang dipilih," katanya.

 

 

Terkait qori-qoriah Kota Padang Panjang cabang Hifzih Qur'an ini, sebut Masrizon, sangat berpotensi meraih prestasi di tingkat Sumbar. Dirinya merujuk pada MTQ tingkat kecamatan beberapa waktu lalu. 

"Kualitas mereka cukup meyakinkan. Mudah mudah anak-anak kita di cabang ini bisa lebih berkiprah dan berhasil di tingkat provinsi nanti," ujarnya.

Masrizon menjelaskan, teknis penilaian Hifzil Qur'an, para qori diberikan tiga soal. "Ketika soal dibacakan oleh hakim, peserta ada kesalahan, bel dibunyikan. Kalau tidak bisa melanjutkan bel dua kali, hakim membantu bacaannya sehingga peserta diharapkan bisa melanjutkan," tuturnya.

Lebih lanjut, masing-masing peserta mendapat nilai 100 sebelum tampil. Nilai dikurangi ketika peserta salah baca. Hafalan nilainya 50, Tajwid 25, fasih dan adab 25. 

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar