Tingkatkan Potensi Wisata, Wagub Audy Sebut akan Rancang Ulang Lembah Anai

Kamis, 24 November 2022 17:14 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengungkapkan, akan menata ulang, merancang kembali, sekaligus mengoptimalkan destinasi wisata Lembah Anai sebagai salah satu destinasi favorit yang sudah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu ini. 

Hal itu terungkap dalam rapat bersama Dinas Pariwisata Sumbar dan beberapa OPD terkait, Rabu (23/11/2022). Hadi Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Hendri Agung, Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono, Dinas Lingkungan Hidup, Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR), dan OPD terkait lainnya.

Menurut Wagub, penataan kembali dan pembaruan perlu diadakan dalam mengatasi masalah yang kini dialami di Kawasan Air Terjun Lembah Anai. Penataan mulai dari optimalisasi lahan parkir, serta mencegah meluapnya air yang dapat menutup akses jalan. 

Dengan merekonstruksi ulang titik-titik masalah yang ada di Lembah Anai serta mengoptimalkannya, upaya ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata baik lokal, domestik maupun mancanegara. Ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar tanpa mengurangi nilai estetik dari Air Terjun Lembah Anai.

 

 

“Dari dulu lembah Anai begitu aja, padahal ini salah satu icon Sumatera Barat. Apalagi ini sangat eye catching. Air terjunnya dekat dengan jalan utama, jadi perlu dikembangkan Lembah Anai ini,” jelas Wagub Audy.

Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda  memaparkan Project Plan yang akan menjadi solusi dalam upaya optimalisasi potensi destinasi Wisata Air Terjun Lembah Anai.

“Jadi nanti kita akan coba rencanakan membuat jalur opsional ke air terjun, sehingga kita bisa membangun plaza yang bisa menjadi tempat untuk berwisata tanpa mengganggu bangunan yang sudah ada. Gorong-gorong air terjun juga akan kita perdalam untuk mengatasi limpahan air terjun, tanpa meninggalkan nilai estetikannya,” terang Budi.

Ada pun perencanaan penataan ulang kawasan Air Terjun Lembah Anai ini, dilakukan dengan koordinasi bersama pemerintah provinsi, Kabupaten Tanah Datar, dan beberapa lembaga dan kelompok masyarakat terkait. Ditargetkan Wagub, perencanaan sudah rampung menjelang akhir tahun 2022 ini.

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler