Terima Dubes Indonesia Untuk Inggris, Mahyeldi Bahas Potensi Kehutanan Sumbar

Kamis, 24 November 2022 14:36 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, menyambut kedatangan Duta Besar Inggris untuk Indonesia periode 2014-2019 Moazzam Malik, di Istana Gubernuran, Rabu (23/11/2022) malam. 

Pada pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Gubernur dan Dubes Inggris selain untuk mempererat hubungan bilateral Indonesia - Inggris, juga membahas pelestarian dan lingkungan hidup, kesejahteraan masyarakat sekitar hutan, serta potensi carbon trading di Sumatera Barat. 

Dalam pertemuannya dengan Gubernur tersebut, Dubes Moazzam Malik mengatakan, Pemerintah Inggris selama ini melakukan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, membantu Pemerintah Provinsi Sumbar mengelola sumber daya alam yang mengutamakan kelestarian guna kehidupan berkelanjutan di masa yang akan datang.

Menurutnya, ada beberapa program Pemerintah Indonesia terkait pelestarian Sumber Daya Alam terutama hutan di Sumbar, yang didorong Pemerintah Inggris, salah satunya perhutanan sosial.

"Pemerintah Inggris mendukung berbagai program pemberdayaan kepada masyarakat di Sumbar sehingga kebutuhan hidup masyarakat dapat terpenuhi juga dapat  melestarikan sumber daya alam yang ada," ujarnya. 

Mahyeldi menceritakan, bahwa sekitar 81 persen masyarakat di sumbar  yang tinggal di dalam kawasan hutan. Gubernur juga menyebut
Pengelolaan perhutanan sosial di Provinsi Sumbar telah mencapai 242.000 hektare hingga 2022 ini yang tersebar di sejumlah daerah.

"Sebanyak 242 ribu hektare hutan tersebut dapat digarap untuk menunjang perekonomian masyarakat. Dengan luas lahan tersebut masyarakat dapat membudidayakan tanaman seperti madu, durian, jengkol, sukun, gaharu, dan lain sebagainya," ungkap gubernur. 

 

 

Ia juga mengatakan, saat ini Pemprov Sumbar tengah menargetkan sebanyak 5 ribu stup madu galo-galo pertahun guna membantu masyarakat sekitar hutan dan membudidayakan koloninya. 

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar