IPPAT Miliki Peran Strategis Sebut Bupati Agam

Kamis, 24 November 2022 01:15 WIB

Share
Foto Humas Pemkab Agam
Foto Humas Pemkab Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID – Bupati Agam Andri Warman hadiri pelantikan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Agam di Hotel Maninjau Indah, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (23/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Agam mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus IPPAT Kabupaten Agam oleh Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sumatera Barat.

“Momentum ini dimaknai secara positif sebagai siklus penting kepengurusan dalam memperbarui tekad, semangat dalam peningkatan kinerja organisasi PPAT Agam,” ujarnya.

Pengukuhan ini, tambah bupati, menjadi evaluasi bagi pengurus PPAT dalam pembenahan organisasi demi mewujudkan kinerja yang lebih baik.

“Ini patut kita sambut baik dan diberikan apresiasi kepada IPPAT yang telah mengawal administrasi pertanahan secara ketat dan profesional sehingga dapat meminimalisir munculnya masalah pertanahan di Kabupaten Agam,” tuturnya.

 

 

Peran IPPAT, kata bupati,  juga cukup strategis dalam menunjang pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Agam. Karena salah satu pos pemasukan PAD tersebut berasal dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Untuk tahun ini, realisasi BPHTB Kabupaten Agam baru 72 persen dari target 8 miliar rupiah yang ditetapkan di awal tahun. Hal ini perlu ditingkatkan,” tambahnya.

Dalam meningkatkan perolehan BPHTB tersebut, diminta setiap peralihan hak atas tanah dan bangunan di Kabupaten Agam yang meliputi jual beli, tukar-menukar, hibah, waris, dan sebagainya, diupayakan dikenakan BPHTB. 

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar