Fraksi DPRD Limapuluh Kota Setujui Ranperda APBD 2023 Tetapkan Jadi Perda

Kamis, 24 November 2022 22:53 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota
Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Seluruh fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Limapuluh Kota menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Tahun Anggaran (TA) 2023 untuk segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). 

Mekanisme penyusunan, pembahasan serta penetapan APBD tersebut, telah diatur melalui Permendagri nomor 84 tahun 2022 tentang, pedoman penyusunan APBD tahun anggran 2023. Pada 2023 nanti, APBD Kabupaten Limapuluh Kota diproyeksikan sebesar Rp1 triliun.  Hal tersebut sebagaimana terungkap dalam rapat paripurna yang berlangsung di Aula DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (23/11/2022). 
 
Rapat dipimpin Ketua DPRD Deni Asra didampingi Wakil Ketua I Wendi Chandra dan Wakil Ketua II Syamsul Mikar serta turut dihadiri unsur forkopimda, Asisten III Setda Kabupaten Limapuluh Kota A. Zuhdi Perama Putra, serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin dalam sambutannya, mengaku bersyukur seluruh Fraksi DPRD menyetujui Ranperda APBD Kabupaten Limapuluh Kota 2023, sehingga berbagai program pembangunan dapat dilaksanakan dari awal tahun dengan harapan ekonomi dapat bergerak lebih cepat. 

"Kita berharap eksekutif dan legislatif dapat menghadirkan kinerja yang lebih produktif, terlebih dalam mengantisipasi resesi global akibat perang Russia-Ukraina," ucapnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan surat Dirjen Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan Nomor. S-173/PK/2022, bahwa dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah 2023 mengalami perubahan, dimana Dana Alokasi Umum (DAU) telah ditentukan peruntukannya.

 

 

"Ini berdampak kepada seluruh pemerintah daerah, termasuk Kabupaten Limapuluh Kota, karena harus menyesuaikan kembali prioritas daerah dengan Dana Alokasi Umum (DAU) yang telah ditentukan peruntukannya," jelas Safafuddin.

Pihaknya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada pimpinan fraksi dan pimpinan komisi yang telah memberikan rekomendasi, pandangan umum, saran dan solusi atas rencana kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

"Diminta Kepala Perangkat Daerah untuk mematuhi segala rekomendasi dari badan anggaran DPRD, serta segera menyusun time schedule perencanaan kegiatan yang tertampung dalam APBD," tutup Safaruddin. 

Halaman
Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar