Unsur Terkait Pemkab Agam Bersinergi Back Up BPBD Agam Tangani Bencana

Jumat, 18 November 2022 22:17 WIB

Share
Foto Humas Pemkab Agam
Foto Humas Pemkab Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID – Menyikapi kondisi kekinian, menyusul tingginya dampak kebencanaan di kabupaten Agam, seluruh unsur terkait di Pemkab Agam bersinergi memback-up BPBD Agam dalam penanganan dampak pasca bencana.

Dikoordinir Asisten I Sekab Agam Rahman, jajaran terkait dalam operasi penanganan pasca bencana Pemka Agam masing-masing BPBD Agam, Dinas Sosial Agam, Dinas Satpol PP-Damkar Agam, Dinas Perhubungan Agam, Dinas Lingkungan Hidup Agam, DPUTR Agam, Dinas Perkim Agam, Diskominfo Agam, RSUD Lubuk Basung dan beberapa unsur lain, bergerak bersama di lapangan.

Untuk operasional saat ini, stake holder terkait diantaranya Polres Agam, Kodim O304 Agam, BTB, Senkom, BTB, Tagana, KSB, KSWB Agam dan unsur lain yang dikoordinasikan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Agam sudah bergerak bersama untuk mengatasi dampak kebencanaan sesuai bidang masing-masing.

 

 

Sinergi antar OPD bersama jajaran penanganan kebencanaan itu disebutkan Rahman, Asisten I Sekab Agam yang menyebut, saat ini kondisi cuaca ekstrem berdampak cukup besar terhadap masyarakat kabupaten Agam, dibuktikan dalam tiga hari terakhir, terjadi musibah beruntun di berbagai wilayah, terutama banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan musibah lain.

Untuk penanganan lapangan, ulas Rahman, pihaknya sudah mengintruksikan gerakan bersama sesuai instruksi Bupati Agam, membantu warga terdampak, khususnya penanganan dampak bencana berskala menengah diantaranya musibah longsor di Arikir, Dalko, kecamatan Tanjung Raya, longsor Tanjung Sani, longsor Malalak, banjir Tiku V Jorong dan beberapa lokasi lain.

“Kami berharap, sesuai protap yang ada, gerakan bersama itu bisa membantu BPBD Agam sebagai koordinator lapangan dalam penanganan dampak kebencanaan, “ ulas Rahman.

Ditambahkan, saat ini pihaknya juga sudah menginstruksikan seluruh camat bersama seluruh walinagari untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat potensi kebencanaan masih relative tinggi, karena konsisi cuaca ekstrem bagi berpotensi terjadi sesuai prediksi BMKG. (Mit)

Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler