Rida Ananda Apresiasi Alek Batagak Panghulu Nagari Koto Nan Ompek

Kamis, 17 November 2022 00:50 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfo Kota Payakumbuh
Foto: Dinas Kominfo Kota Payakumbuh

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Selaku Pucuak Undang Alek Batagak Panghulu Nagari Koto Nan Ompek, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda sangat mengapresiasi antusias masyarakat dalam menyelenggarakan event demi eventnya.

Begitu pula dengan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh yang bahagia bisa membantu anggaran kegiatan ini, melalui dana hibah di Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga.

"Luar biasa semangat warga Koto Nan Ompek, Kecamatan Payakumbuh Barat yang selama dua bulan mempersiapkan, eventnya meriah dan semarak," kata Rida saat menonton pertunjukan Randai, Selasa (15/11) malam.

Terlihat Rida yang didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Elfriza Zaharman dan Plt. Sekdako Dafrul Pasi, Kadis Kominfo Junaidi dan Camat Ul Fakhri itu mengungkapkan, di Kota Payakumbuh telah memiliki payung hukum, yakni Peraturan Daerah (Perda) Kota Payakumbuh Nomor 25 Tahun 2016 tentang Pelestarian dan Pengembangan Adat di Nagari.

"Kita berharap dengan adanya perda, adat dan budaya terus dapat dilestarikan di Kota Payakumbuh, estafet itu diturunkan kepada generasi muda sehingga identitas budaya mereka sebagai orang Minang terus melekat di sendi-sendi kehidupan," ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada 26 niniak mamak dari Suku Sambilan 4/4, Limo Nan Tujuah, Ompek Niniak, dan Bodi Caniago yang dipuntiang pada puncak alek yang dilaksanakan pada Rabu (16/11/2022) pagi nanti.

"Semoga pelaksanaannya sukses, peran niniak mamak sangat penting bagi kami sebagai penyelenggara pemerintahan," tutup Pj Wali Kota Payakumbuh itu. (Warman)

Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar