Cegah Stunting, TP PKK Agam Sosialisasikan Gemarikan

Kamis, 17 November 2022 00:49 WIB

Share
Foto Humas Pemkab Agam
Foto Humas Pemkab Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID – Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Yenni Andri Warman menjadi narasumber Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Masjid Al-Hikmah, Nagari Batu Kambiang, Kecamatan Ampek, Rabu (16/11/2022).

Disampaikan Yenni, menekan lajut pertumbuhan angka stunting memang tidak mudah karenanya memerlukan ketelitian dalam memilih bahan masakan. Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ini dapat jadi solusi pencegahan stunting tersebut.

“Untuk itu, mari kita tekan stunting dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada salah satunya nilai gizi yang terkandung dalam ikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa tidak sulit untuk mendapatkan ikan di Kabupaten Agam mengingat Agam memiliki danau serta laut dan banyaknya kelompok nelayan dan pembudidayaan ikan yang ada di Kabupaten Agam.

“Pencegahan stunting ini juga turut menjadi salah satu program kerja Forikan Kabupaten Agam melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan,” tuturnya.

 

 

Selain itu jelasnya, dengan meningkatnya angka konsumsi ikan di Kabupaten Agam maka akan menyebabkan angka konsumsi ikan (AKI) nasional naik, ancaman gizi buruk teratasi, dan menurunnya angka prevalensi stunting.

“Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan inspirasi bagi para ibu dirumah untuk mengolah berbagai kreasi makan dari bahan dasar ikan, sehingga program Gemarikan dapat diterapkan secara optimal,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya berharap Gerakan Gemarikan ini akan semakin meluas sehingga tidak ada lagi anak-anak di Kabupaten Agam yang terkena gizi buruk atau stunting.

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar