Bawaslu Agam Berharap Saka Adhyasta Pelopor Pengawasan Pemilu Partisipatif

Kamis, 17 November 2022 00:40 WIB

Share
Foto Humas Pemkab Agam
Foto Humas Pemkab Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID – Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu diharapkan dapat menjadi pelopor pengawasan pemilu partisipatif di Kabupaten Agam.

Saka Adhyasta Pemilu juga dioptimalkan sebagai sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan Pemilu.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Agam, Elvys saat Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Saka Adhyasta Pemilu di Hotel Sakura Syariah, Rabu (16/11/2022).

Menurut Elvys, partisipasi pemilih dalam pemilu terus merosot dari tahun ke tahun. Pada Pemilu 2019 lalu partisipasi hanya berada di angka 81 persen. Bahkan, di Agam hanya 71,5 persen.

“Ini menjadi alasan Bawaslu untuk melakukan sejumlah program sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, seperti Saka Adhyasta ini. Kami harap ini menjadi pelopor dalam pengawasan pemilu di masyarakat,” ujar Elvys.

Akademisi Universitas Andalas, Malse Yulivestra saat menjadi narasumber sosialisasi mengatakan, anggota pramuka merupakan partner Bawaslu yang sangat tepat.

 

 

Menurutnya, semangat dan nilai yang memang telah melekat di Pramuka itu akan sangat membantu jalannya pengawasan Pemilu.

“Poinnya tinggal bagaimana menemukan bentuk partisipasi yang dapat diberikan oleh pramuka dalam pemilu,” katanya.

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar