Bawaslu Agam Ajak Masyarakat Bersama Awasi Pemilu

Kamis, 17 November 2022 18:57 WIB

Share
Foto Humas Pemkab Agam
Foto Humas Pemkab Agam

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID – Masyarakat sebagai pelaku utama pemilihan umum (pemilu) memiliki tanggung jawab dalam proses penyelenggaraannya. Pengawasan yang berkualitas membutuhkan partisipasi masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Agam, Elvys saat membuka Sosialisasi Peraturan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu, Kamis (17/11/2022) di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung.

Menurutnya, sistem demokrasi tidak menjadikan masyarakat sebagai objek pemilu, akan tetapi masyarakat adalah pelaku utama dari pesta demokrasi.

“Terkait pemilu hak masyarakat bukan sekadar datang ke TPS saja, tapi masyarakat juga berperan dalam menciptakan pemilu yang berkualitas,” ujarnya.

Mengingat peran penting masyarakat ini kata Elvys, Bawaslu Agam mengajak masyarakat untuk berperan serta melalui pengawasan pemilu partisipatif.

“Pengawasan tidak cukup hanya Bawaslu saja, maka kami mengajak masyarakat turut serta mengawasi jalannya proses demokrasi ini,” katanya.

Diungkapkan Elvys, pelanggaran kepemiluan tidak hanya menjerat peserta pemilu saja, akan tetapi masyarakat juga terancam hukuman jika ditemukan berbuat kecurangan.

“Untuk itu kami merasa perlu mengedukasi dan mensosialisasikan peraturan pengawasan pemilu kepada masyarakat luas,” terangnya.

Pihaknya berharap, peserta sosialisasi dapat menjadi corong Bawaslu dalam menyampaikan peraturan pengawasan penyelenggara pemilu ke masyarakat luas.

“Semoga penyelanggaraan pemilu langsung umum bebas rahasia jujur dan adil dapat kita wujudkan secara bersama-sama,” ujarnya.

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar