Wamendagri Serahkan 47 Kode Pemerintahan Nagari Hasil Pemekaran di Sumbar

Rabu, 28 September 2022 11:02 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Jhon Wempi Watipo, menyerahkan kode wilayah administrasi pemerintahan desa kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) hasil pengusulan penataan (pemekaran) nagari pada tiga pemerintahan kabupaten di Sumbar. 

Penyerahan kode ini diterima Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Doni Rahmat Samulo, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2022).

“Alhamdulillah pada hari ini kami atas nama Gubernur menerima 47 kode wilayah administrasi pemerintahan nagari yang diserahkan Bapak Wakil Menteri Dalam Negeri,” ucap Doni.

Ia mengatakan, sebanyak 47 kode pemerintahan nagari itu berasal dari pengusulan penataan dari tiga kabupaten, yaitu 25 kode untuk Pemkab Pasaman, 10 kode untuk Pemkab Agam, dan 12 kode untuk Pemkab Pasaman Barat. 

Sumbar, katanya, merupakan provinsi penerima kode nagari terbanyak dari 119 kode nagari baru se-Indonesia yang diserahkan Wamendagri hari ini.

Selama kurun waktu tahun 2022, ujar Doni, Sumbar telah menerima total 106 kode wilayah desa/nagari baru, di mana sebelumnya pada tanggal 11 Agustus 2022 telah diserahkan juga sebanyak 59 kode nagari untuk Pemkab Pasaman Barat. 

"Keseluruhan nagari/desa yang ada di Sumbar saat ini telah menjadi 1.035 nagari yang tersebar di 12 kabupaten dan dua kota," urainya.

Lebih lanjut Doni menegaskan, dengan penambahan pemerintahan nagari baru ini, akan membuka ribuan lapangan pekerjaan baru dan mendongkrak perekonomian Sumbar.

 

 

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar