Nevi Safaruddin Sebut TP PKK Miliki Peran Strategis Jembatani Program Pemerintah dengan Masyarakat

Selasa, 27 September 2022 22:16 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota
Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) memiliki peran strategis dalam menjembatani program pemerintah dengan masyarakat. TP.PKK menjadi wadah yang dapat menggali dan menggerakkan partisipasi masyarakat, khususnya dalam lingkungan keluarga, perempuan dan anak termasuk juga dalam pemberdayaan perekonomian. 

Dalam melaksanakan perannya, TP.PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan dan nagari harus memahami rencana program dan kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang tersusun dalam Rencana Induk dan Strategi PKK. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP.PKK Lima Puluh Kota Nevi Safaruddin dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan PKK bagi Pengurus TP.PKK Nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota Sarilamak, Senin (26/9/2022). 

Nevi Safaruddin dalam sambutannya mengatakan, bahwa rencana induk dan strategi PKK telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor. 36 tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor. 99 tahun 2017 dengan Agenda Prioritas PKK yang ditetapkan. 

"Ada empat yaitu; Ketahanan ekonomi, revolusi mental, lingkungan hidup dan memperkuat pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya," tutur Nevi. 

Ia menjelaskan, bahwa Kegiatan bimtek yang diselenggarakan merupakan tindak lanjut dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tingkat Provinsi Sumatra Barat dan tingkat kabupaten serta pelantikan serentak hampir seluruh Ketua TP.PKK Nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota. 

“Bimtek ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang sama mengenai rencana program dan kegiatan PKK yang tersusun dalam rencana induk dan strategi PKK,” jelas Nevi.

 

 

Sementara itu Sekretaris Daerah Widya Putra mewakili Bupati Lima Puluh Kota mengatakan, beberapa waktu yang lalu kita telah mengadakan pesta demokrasi ditingkat nagari, dimana dari 79 nagari hanya 70 nagari telah dilakukan pemilihan secara serentak dan 46 orang merupakan wali nagari baru terpilih dan tentu juga dengan ketua tim penggerak PKK yang baru pula.

"Kami menilai acara tersebut, merupakan langkah yang sangat strategis bagi TP.PKK Kabupeten Lima Puluh Kota memberikan pembekalan dan pemahaman bagi TP.PKK nagari dalam melaksanakan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” tuturnya.

Halaman
Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar