MenPAN-RB Minta Kepala Daerah Fokus Lakukan Transformasi Birokrasi Berbasis Digital

Senin, 26 September 2022 22:11 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota
Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta Gubernur, Bupati dan Wali Kota se Sumatra Barat (Sumbar) mempercepat transformasi birokrasi dan reformasi birokrasi pemerintahan. Langkahnya, masing-masing  kepala daerah diminta fokus melaksanakan transformasi birokrasi berbasis digital. Sehingga tercipta  birokrasi yang lincah, cepat dan berdampak kepada jalannya roda pemerintahan dan pelayanan publik.

Pesan Presiden RI tersebut, disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Briokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas dalam arahannya ketika beraudiensi dengan Pemerintah Provinsi, Bupati dan Wali Kota se Sumbar di Auditorium Gubernuran pada Senin (26/9/2022). 

Menteri Azwar Anas sebut, untuk mewujudkan birokrasi yang profesional dan berkelas harus dibarengi dengan kualitas kepemimpinan kepala daerah yang mumpuni.

"Kami turut mengingatkan Kepala Daerah agar jajarannya dan seluruh ASN di masing-masing daerah yang dipimpinnya harus memaknai core values BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif)," sebutnya. 

Menteri Azwar Anas juga memaparkan, tiga fokus yang jadi prioritasnya dalam mendorong reformasi birokrasi tematik. Pertama, yakni reformasi birokrasi untuk penanganan kemiskinan, di mana seluruh instansi harus memiliki identifikasi dan parameter kemiskinan yang sama. Kedua, reformasi birokrasi untuk mendorong tumbuhnya investasi. 

"Dalam konteks ini, pelayanan perizinan dan non perizinan harus baik, efisien, efektif,dan tidak berbelit," paparnya. 

Terakhir terkait dengan digitalisasi birokrasi kata Azwar Anas, dalam konteks reformasi administrasi, pemerintah harus mulai beradaptasi dengan iklim digital yang semakin dinamis. 

"Terus berinovasi, berkolaborasi dan bertransformasi digital demi mewujudkan Sumbar menjadi pioneer dalam penerapan pelayanan berbasis digital di Indonesia," tutur Menteri Azwar Anas.

Kemudian Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutannya mengapresiasi Menteri Azwar Anas yang menjadikan Provinsi Sumbar sebagai provinsi pertama dikunjungi dalam rangka kunjungan kerja. 

Ia menjelaskan, hal ini menandakan perhatian besar Menteri Azwar Anas terhadap reformasi birokrasi di Sumbar.

Halaman
Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar