Pasca Berakhir Jabatan Riza Falepi dan Erwin Yunaz, Gubernur Mahyeldi Lantik Pj. Wali Kota Payakumbuh

Sabtu, 24 September 2022 10:44 WIB

Share
Foto: #lipsushumaspemkopayakumbuh#
Foto: #lipsushumaspemkopayakumbuh#

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Pasca berakhirnya masa tugas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh periode 2017-2022 Riza Falepi dan Erwin Yunaz, Gubernur Provinsi Sumatra Barat Mahyeldi resmi melantik Rida Ananda, sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh dengan maksimal satu tahun periode jabatan, berlangsung di ruang pertemuan Auditorium Gubernur Provinsi Sumatra Barat, Jum'at (23/9/2022).

Mengacu dalam surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 131.13-5435 Tahun 2022, bahwa kepada Penjabat Wali Kota selain diberi tugas untuk menyelenggarakan pemerintahan daerah, sebagaimana Kepala Daerah Definitif, juga diberi tugas untuk memfasilitasi setiap proses penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang definitif serta menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dengan mengucapkan Selamat kepada Pj. Wali Kota Payakumbuh, Gubernur Provinsi Sumatra Barat Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan, bahwa pengangkatan Pj. Wali Kota Payakumbuh dilaksanakan untuk mengantisipasi kevakuman kepemimpinan di Kota Payakumbuh. Sehingga proses pengambilan keputusan penting tidak tertunda, dan dapat terlaksana sesuai kewenangan yang ada pada Penjabat Wali Kota.

Menurut orang nomor satu di Provinsi Sumatra Barat itu, seorang penjabat wali kota haruslah ditunjuk dari orang yang berpengalaman luas, memiliki jiwa kepemimpinan, kredibilitas, kemampuan berkoordinasi dengan instansi pemerintahan lainnya, serta didukung dengan pengetahuan mengenai pemerintahan.

 

 

"Saya yakin dan percaya, saudara dapat melaksanakan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya,” ungkap Mahyeldi.

Ia sebut, penjabat wali kota terpilih cukup mengenal peta sosio-kultual kemasyarakatan Kota Payakumbuh.

“Sehingga diharapkan, manajemen pemerintahan sementara yang dijalankannya akan selalu berbasis pada kepentingan masyakarat. Dengan ditunjang koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemko Payakumbuh, dan seluruh jajaran di tempat tugas barunya," sebut Mahyeldi. 

Mahyeldi berharap saudara Rida Ananda akan mampu menyelesaikan segala tugas yang sudah diembankan.

Halaman
Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar