Pemprov Sumbar dan Bank Indonesia Canangkan Gernas Pengendalian Inflasi Pangan

Rabu, 21 September 2022 08:22 WIB

Share
Pemprov Sumbar dan Bank Indonesia Canangkan Gernas Pengendalian Inflasi Pangan
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama Bank Indonesia Perwakilan Sumbar mencanangkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumbar, di Auditorium Gubernuran, Jalan Sudirman, Padang, Senin (19/9/2022).

Pencanangan yang dibuka Asisten Gubernur BI Dwi Pranoto ditandai dengan penabuhan gandang secara bersama oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Asisten Gubernur BI Dwi Pranoto, Kepala Perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama, Deputi 1 Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa dan Forkopimda Sumbar.

Pencanangan GNPIP yang juga dilakukan secara nasional tersebut, juga ditandai dengan penandatanganan komitmen dukungan GNPIP oleh gubernur, dan diikuti kepala daerah se-Sumbar. Dilanjutkan dengan penyerahan bibit cabe, pupuk organik dan rumah kompos kepada 8 KWT di Sumbar.

Dalam pencanangan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama pembukaan klaster baru cabai merah antara Perwakilan Bank Indonesia Sumbar dengan Pemkab Tanah Datar dan penyerahan bibit cabai untuk 44 kelompok tani.

Pencanangan GNPIP) Sumbar, menurut Gubernur Mahyeldi, merupakan salah satu bentuk komitmen pemprov, Forkopimda, beserta seluruh stakeholders terkait dalam menjaga kestabilan inflasi komoditas pangan dan menjaga daya beli masyarakat.

Upaya pengendalian inflasi yang dilakukan, lanjut gubernur, meliputi berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya  pencanangan gerakan menanam cabai di pekarangan serta Pembukaan Pasar Murah serentak di kabupaten dan kota.

 

 

"Semoga sinergi pengendalian inflasi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan ini dapat menjadi komitmen bersama yang juga dilaksanakan oleh kabupaten dan kota dan tentunya tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat," pungkas gubernur.

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Wahyu Purnama menyebut, pencanangan GNPIP sebagai upaya mitigasi kenaikan pangan, agar lebih stabil, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mewujudkan masyarakat Sumbar yang madani

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar