Ukir Prestasi, Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh Raih Penghargaan Nasional API 2022

Sabtu, 17 September 2022 14:46 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfo Kota Payakumbuh
Foto: Dinas Kominfo Kota Payakumbuh

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Prestasi luar biasa kembali diraih oleh Kota Payakumbuh, dimana Kepala Dinas Pendidikan Dr. Dasril M.Pd sukses meraih Penghargaan Nasional Anugerah Pendidikan Indonesia (API) 2022.

Penghargaan tingkat nasional tersebut, diberikan kepada 37 tokoh berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia tanggal 7 September nomor 230/PP/KEP/13/IX/2022 tentang, Penerima API Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tahun 2022. 

"Saya dan 36 orang tokoh dari berbagai daerah dan latar belakang profesi di Indonesia, dinilai telah berkontribusi positif dan berjasa dalam hal Peningkatan Kompetensi Guru dan Mutu Pendidikan di Indonesia tahun 2022," kata Dasril saat dihubungi media, Jumat (16/9/2022).

Penghargaan itu diberikan dalam Penerimaan Anugerah Pendidikan Indonesia Ikatan Guru Indonesia 2022 (API IGI) 2022, yang bertempat di ruang Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Kamis, 15 September 2022.

Acara seremoni yang berlangsung khidmat dan hangat tersebut, dan dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional antara lain, Gubernur DKI Anis Rasyid Baswedan, Stafsus Presiden RI Diaz Faisal Malik Hendropriyono, Perwakilan GESS ASIA Matt Thompson Projec Direktur At Tarsus, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa, yang juga penerima API 2022, Plt. Dirjen GTK Kemdikbudristek RI Prof. Nunuk Suryani, Direktur GTK Kemenag RI  Dr. Muhammad Zain, Tokoh Publik Helmy Yahya, Tokoh Pemuda Nasional Alwis Rustam yang juga Direktur Eksekutif APEKSI, Ketua IGI pusat Danang Hidayatullah bersama pengurus IGI pusat dan daerah.

Dasril menjelaskan, IGI Kota Payakumbuh yang baru berdiri 2017 memang selalu melakukan kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru, dalam bentuk workshop baik secara luring dimasa sebelum pandemi dan sesudah pandemi begitu juga melalui daring selama pandemi. 

 

 

"Jadi IGI selalu bergerak meningkatkan kompetensi guru sesuai dengan mottonya 'Sharing and Growing Together', dan akhirnya IGI Kota Payakumbuh ditetapkan sebagai salah satu organisasi profesi pelaksana program organisasi penggerak oleh Kemendikbudristek RI di tahun 2021. Dan alhamdulillah pada tahun 2022 ini masih tetap berlanjut. Dalam setiap kegiatan selalu didukung Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan Kota, baik secara moril dan materil," jelas Dasril.

Kemudian Ketua Umum IGI Danang Hidayatullah menyampaikan, sebagai salah satu organisasi profesi guru, IGI yang banyak didukung oleh guru-guru milenial yang kreatif ini, akan terus berupaya berpartisipasi dalam berbagai kegiatan untuk terus secara nyata berkontribusi untuk peningkatan kompetensi profesional guru dan kesejahtraan guru dalam rangka peningkatan akses layanan dan mutu pendidikan di Indonesia dan akan terus berkoordinasi serta berkolaborasi dengan tokoh-tokoh hebat di tingkat daerah, nasional maupun internasional. 

Halaman
Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar