Pasangan Anies-AHY pada Pilpres 2024 Menguat

Sabtu, 17 September 2022 14:42 WIB

Share
Ilustrasi : colase foto Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yodhoyono
Ilustrasi : colase foto Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yodhoyono

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencalonkan diri bersama Anies Baswedan pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 makin terbuka lebar. Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam. 

Ia mengatakan, besar kemungkinan Anies dicalonkan menjadi presiden, sedangkan AHY wakilnya.

"Kemungkinan mewujudkan pasangan Anies-AHY ini makin terbuka," kata Umam, Sabtu (17/9/2022). 

Menurut Umam, tidak adanya deklarasi nama capres dan cawapres dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Demokrat kemarin membuka ruang negosiasi sosok kandidat yang akan diusung partai berlambang bintang mercy itu.

Kendati kader Demokrat mendorong pencapresan AHY, Umam menilai, ruang diskusi soal ini masih terbuka lebar.

Sebabnya, Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain untuk dapat mengusung capres dan cawapres. Sehingga, nama kandidat tak bisa ditentukan sepihak saja.

Namun, Umam berpendapat, pidato AHY yang menyebut soal perubahan dan perbaikan sebagai kriteria capres dan cawapres mereka sedianya merupakan kode keras dari Demokrat untuk mengusung Anies-AHY.

Sebab, narasi perubahan dan perbaikan hanya bisa direpresentasikan oleh kekuatan politik yang berbeda dengan rezim kekuasaan saat ini.

"Untuk itu, dari berbagai kemungkinan capres-cawapres yang ada, nama pasangan Anies-AHY menjadi yang paling representatif untuk narasi perubahan dan perbaikan ini," ujar Umam.

Dari segi elektabilitas, lanjut Umam, pasangan Anies-AHY memiliki modal yang cukup.

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar