Mahyeldi Dengarkan Keluh Kesah DPD Asita Sumbar

Sabtu, 27 Agustus 2022 17:14 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bersama jajaran DPD Asosiasi Indonesia Tour dan Travel (Asita) Sumbar membahas persoalan kepariwisataan di Sumbar, dalam Coffee Morning bertajuk 'Asita Berkeluh Kesah, Gubernur Memberi Solusi' di Christine Hakim Idea Park (Chip) Lubuk Buaya, Padang, Jumat (26/8/2022).

Melalui momen tersebut, Ketua Asita, Darmawi menyampaikan, beberapa permintaan dan usulan kepada gubernur dalam kerangka menggairahkan pariwisata di Sumbar.

Diantaranya permintaan agar Pemerintah Provinsi Sumbar bisa mengupayakan percepatan dibukanya kembali penerbangan internasional dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Khususnya penerbangan Padang - Madinah untuk jemaah umroh serta penerbangan Padang - Kuala Lumpur.

"Mohon agar izin penerbangan Padang-Madinah bisa segera dibuka. Pelaku usaha perjalanan umroh yang sebelumnya dijadwalkan ada penerbangan Padang-Madinah, September, ternyata batal," ungkapnya. 

Akibatnya, travel agen rugi mencapai Rp8 miliar perbulan, karena harus pindah penerbangan ke Medan dan Jakarta sehingga ada kelebihan biaya, ujar Darmawi.

Ia juga berharap ada dukungan anggaran melalui dinas pariwisata untuk sales mission Asita Sumbar guna melakukan promosi ke beberapa pameran dan internasional di berbagai daerah.

Selain itu, untuk memerkuat promosi Visit Beautiful West Sumatera 2023, Ketua Asita Sumbar juga mengusulkan untuk branding bus-bus pariwisata, menyiapkan souvenir bagi tamu-tamu khusus, welcome dinner serta penampilan kesenian dari siswa SMK Kesenian.

Menanggapi keinginan Asita tersebut, gubernur menyampaikan sejumlah upaya yang telah dan terus dilakukan pemerintah untuk dibukanya kembali penerbangan internasional ke Padang. Selain menjalin kesepakatan dengan maskapai, Pemprov Sumbar juga intens berkomunikasi dan koordinasi dengan kementerian terkait.

"Soal penerbangan internasional kita desak terus, melalui dinas terkait. Ini memang keinginan kita bersama. Sudah berkali-kali kita sampaikan ke kementerian terkait. Berbagai upaya juga sudah kita lakukan diantaranya MoU dengan maskapai," kata gubernur.

Upaya lain yang dilakukan untuk meningkatkan wisata, lanjut gubernur, adalah dengan berupaya menggelar berbagai event nasional hingga internasional di Sumbar. 

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler