Ridwan Kamil Tawarkan Festival Bazar Bersama Sumbar - Jabar

Senin, 8 Agustus 2022 17:50 WIB

Share
Ridwan Kamil Tawarkan Festival Bazar Bersama Sumbar - Jabar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Gubernur Sumatera Barat menggelar festival kedua provinsi dalam rangka meningkatkan perdagangan antarprovinsi yang dinilai masih kurang.

Hal itu disampaikan Kang Emil - sapaan akrab Ridwan Kamil - dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Tentang Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik. 

Dua kepala daerah ini melakukan Perjanjian Kerjasama Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Perjanjian Kerjasama Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Jawa Barat, di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, Minggu (7/8/2022).

Kang Emil menyebut, festival bersama itu sudah sering dilakukan di negara lain, bahkan pada level negara. 

Seperti Festival Eropa, Australia, India, dan lainnya, namun karena terdapat guncangan efek perdagangan industri global, pandemi Covid-19 hal tersebut sangat terdampak.

“Saya ingin perdagangan ke depan yang dimajukan adalah perdagangan antarprovinsi. Bukan lagi ekspor ke luar negeri. Karena kerjasama perdagangan antarprovinsi selama ini terasa sangat kurang, hanya bussiness to bussiness saja," kata Kang Emil.

"Kita harus berdagang sesama kita. Banyak potensi UMKM yang kita bisa perdagangkan atau pun hanya saling tukar pengetahuan," tambahnya.

Gubernur Jawa Barat juga menambahkan, kerjasama kedua provinsi tersebut sangat penting. 

Artinya, untuk saling mengetahui potensi dan kebutuhan masing-masing daerah. 

"Saya tidak tahu apa yang dibutuhkan Sumbar padahal kami punya, atau sebaliknya mungkin Sumbar tidak hafal apa yang Jabar butuhkan. Kita bisa saling tukar informasi dulu, baru dieksekusi tindaklanjutnya," sambung Ridwan.

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar