Sertijab Camat Gunuang Omeh di Monas Bela Negara, Ini Tujuannya

Jumat, 5 Agustus 2022 14:50 WIB

Share
Sertijab Camat Gunuang Omeh di Monas Bela Negara, Ini Tujuannya
Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Sebuah peristiwa simbolik sarat nilai-nilai perjuangan bangsa mengemuka pada serah terima jabatan Camat Gunuang Omeh, di Koto Tinggi, Gunuang Omeh, Kamis (4/8/2022). 

Lazimnya serah terima jabatan (sertijab) camat berlangsung di kantor kecamatan setempat. Kali ini sertijab Camat Gunuang Omeh dari pejabat lama Gusni Hendrix ke pejabat yang baru M. Rifki berlangsung di Monumen Nasional “Bela Negara” Koto Tinggi, Gunuang Omeh. 

Di balik sertijab ini, momentum bulan Agustus sebagai bulan kemerdekaan sepertinya menginspirasi pemilihan lokasi sertijab di Monas PDRI sekaligus untuk mengedukasi literasi tentang sejarah perjuangan bangsa terutama episode mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Terobosan pemilihan lokasi ini disaksikan langsung Bupati Limapuluh Kota Safarudddin, Anggota DPRD Doni Ikhlas dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Nevi Safaruddin, Kepala DPMD/N Endra Amzar, Kepala Satpol PP Fidria Fala, Plt Kepala Dinas PUPR Rilza Hanif, beserta tokoh masyarakat Kecamatan Gunuang Omeh.

Sementara itu Bupati Safaruddin dalam sambutannya usai menyaksikan momen bersejarah sertijab Camat Gunuang Omeh di Monas 'Bela Negara' mengatakan, lancarnya roda pemerintahan kecamatan terwujud jika terdapat segitiga sinergitas camat, forum komunikasi pimpinan  kecamatan (Forkopimca) dan wali nagari.

Ia menjelaskan, di segi lain, sebagai representasi pemerintah daerah punya camat dilengkapi sejumlah kewenangan dalam tata kelola pemerintahan di wilayahnya. Diantaranya, mengkoordinir pemberdayaan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum, penerapan kebijakan daerah, pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum. 

Untuk itu, diharapkan camat menyiapkan manejemen pelayanan publik yang efektif untuk mengakomodir kebutuhan warga di wilayahnya. Kemudian Bupati Safaruddin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat lama Camat Gunuang Omeh Gusni Hendrix beserta jajaran atas dedikasi yang ditunjukkan selama bertugas.

"Semoga upaya yang anda perjuangkan selama ini dalam membantu mewujudkan visi daerah diberikan pahala dan dibalas kebaikan," jelas Bupati Safaruddin.

Bupati sebut, tidak hanya sampai disitu, peran camat dibutuhkan dalam mencegah paham-paham radikal yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Radikalisme dan Terorisme tidak hanya jadi ancaman laten saat ini, tetapi sudah jadi ancaman nyata bagi stabilitas negara," sebut Safaruddin. 

Halaman
Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar