Perkenalkan Aplikasi Wazuh, Diskominfotik Sumbar Gandeng BSSN

Kamis, 4 Agustus 2022 01:55 WIB

Share
Perkenalkan Aplikasi Wazuh, Diskominfotik Sumbar Gandeng BSSN
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Dinas Kominfotik Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Workshop SDM Persandian Sistem Monitoring Keamanan Siber Bagi Pengelola Keamanan Siber sekaligus memerkenalkan aplikasi Wazuh bagi Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat, di Laboratorium BKD Sumbar, Padang, Rabu (3/8/2022).

Acara itu diikuti 60 peserta pengelola siber dan sandi provinsi dan kabupaten kota. Workshop sehari penuh ini menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Arif Fachru Rozi dan Achmad Ridho. 

Kepala Bidang Persandian Diskominfotik Sumbar Eko Faisal, saat membuka workshop menyampaikan, ancaman penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi makin tinggi dan kompleks, seiring tingginya tingkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. 

Menyikapi fenomena tersebut, perlu menciptakan lingkungan siber strategis dan penyelenggaraan sistem elektronik yang aman, andal dan terpercaya. 

"Untuk itu, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, menggandeng BSSN melaksanakan workshop SDM Persandian ini guna memahami dan mengetahui aplikasi Wazuh," kata Eko.

"Wazuh merupakan software yang bersifat open source dan gratis yang berfungsi monitoring security terutama untuk solusi threat prevention atau detection, integrity monitoring, incident response dan compliance dalam server," sambungnya.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, aplikasi Wazuh sangat penting sebagai sebuah tools dengan teknologi cloud computing guna monitoring server untuk memastikan data-data penting yang dianggap rahasia tetap aman dan tidak dirusak maupun dicuri penjahat siber. 

Sebelumnya, Sandiman Muda Robi Charma, dalam laporannya menyebutkan, materi yang akan diberikan pada workshop adalah tentang Pengenalan Aplikasi Sistem Monitoring Keamanan Siber (Aplikasi Wazuh), serta
Hands-on Implementasi dan Penggunaan Aplikasi Sistem Monitoring Keamanan Siber (Aplikasi Wazuh). (Mit)

Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar