Ajang Padek Paragon Go to School Optimis Tingkatkan Literasi Pendidik di Sumbar

Rabu, 3 Agustus 2022 12:49 WIB

Share
Ajang Padek Paragon Go to School Optimis Tingkatkan Literasi Pendidik di Sumbar
Foto: Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Ajang Padek-Paragon Go to School sentuh optimisme peningkatan kemampuan literasi pelaku pendidikan di Sumatera Barat (Sumbar). Event ini berupa pelatihan kepada siswa dan guru dengan konten jurnalistik, pengembangan diri dan kewirausahaan.

"Buah dari kegiatan ini adalah berkembangnya budaya literasi di sekolah," ungkap Bupati Limapuluh Kota Safaruddin ketika memberikan sambutan pada pembukaan "Padek-Paragon Go to School"  di Aula SMAN 1 Lareh Sago Halaban, Selasa (2/8/2022). 

Padek-Paragon Go to School pada medio Juli lalu telah diluncurkan Gubernur Sumbar Mahyeldi. Event ini digelar dari 14 Juli hingga 29 Agustus 2022 di 15 SMA di Sumbar, termasuk SMA Negeri 1 Lareh Sago Halaban.  

Sebanyak 200 orang terdiri atas siswa dan guru akan digembleng kemampuan literasi jurnalistik dan pengembangan diri ketika berwirausaha. Materi-materi pelatihan akan dikawal oleh Harian Padang Ekspres bersama PT. Paragon Technology and Innovation.

Bupati Safaruddin mengapresiasi sinergitas yang terbangun antara Padang Ekspress dengan PT. Paragon Technology and Innovation yang telah berperan strategis dalam menumbuh kembangkan literasi di tengah masyarakat terkhusus dalam dunia pendidikan. Sinergi itu berpotensi untuk menyukseskan Gerakan Literasi Nasional (GLN). 

“Gerakan Literasi Nasional tidak hanya menjadi tanggung jawab tenaga pendidik, namun harus digiatkan juga oleh masyarakat, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha maupun pihak swasta," ucap Safaruddin.

Ia sebut, jika literasi bukan hanya terkait dengan kemampuan membaca dan menulis saja, tetapi berbagai bentuk kemahiran yang memungkinkan warga negara untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat dan dapat berpartisipasi penuh dalam komunitas, tempat kerja maupun masyarakat.

"Kita mesti bersikap optimis dan percaya diri demi meningkatkan kemampuan literasi generasi muda harapan bangsa terutama dalam enam literasi, yaitu Literasi Bahasa, Numerasi, Sains, Digital, Finansial serta Budaya dan Kewarganegaraan," sebut Bupati. 

Pihaknya juga mengingatkan agar kemampuan literasi tersebut harus diimbangi dengan kemampuan berpikir kritis, kreatifitas, komunikasi dan Kolaborasi.

"Saya berharap program positif ini akan meningkatkan kompetensi dan menelurkan inovasi-inovasi dari guru maupun siswa SMAN 1 Lareh Sago Halaban, sehingga akan ada percepatan dan proses perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan sekolah pada zaman keterbukaan informasi saat ini," ingat Bupati Safaruddin.

Halaman
Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar