Mundur dari Dewan Pengawas, Buya Gusrizal Gazahar Sebut Bukan Bawahan Bank Nagari

Minggu, 31 Juli 2022 12:45 WIB

Share
Mundur dari Dewan Pengawas, Buya Gusrizal Gazahar Sebut Bukan Bawahan Bank Nagari
Ketua MUI Sumbar Buya Dr. Gusrizal Gazahar, Lc.,M.Ag (Foto Ist)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat Buya Gusrizal Gazahar menyatakan mundur dari keanggotaan Dewan Pengawas Syari’ah (DPS) Bank Nagari. 

Surat pernyataan mundur Buya Gusrizal dari bank konvensional yang akan menjadi Bank Syari'ah ini, diterima Poskota Sumbar Minggu (31/7/2022), membuat sejumlah pihak terkejut. 

Dalam surat pengunduran diri yang dilayangkan ke pemegang saham melalui Dewan Komisaris Bank Nagari itu menjelaskan, ia tidak bisa menghadiri rapat, terkait perkembangan konversi Bank Nagari, karena surat undangan dikirim secara dadakan. 

"Saya tidak sempat hadir karena undangan diantarkan secara mendadak tanpa konfirmasi terlebih dahulu,"  ujar buya dalam surat tersebut, Jumat (29/7/2022). 

Di samping itu, katanya, ia mendengar dan memerhatikan banyak fitnah yang dialamatkan kepada MUI Sumatera Barat dan pribadinya, terkait dengan konversi dan penunjukkan DPS yang baru.

Ia menegaskan, bahwa MUI Sumatera Barat dan dirinya, baik sebagai ketua MUI Sumbar mau pun sebagai anggota DPS dalam menjalankan tugas, bukanlah bawahan dari pihak manajemen, apalagi dalam tugas menjalankan amanah fatwa. 

"Dalam pandangan saya, halal dan haram serta shah dan bathil bukan hanya sekedar administrasi semata," tandas buya dalam suratnya. 

Ia menyatakan bertanggungjawab kepada Allah SWT dan berkomitmen menjalankan yang telah diputuskan Dewan Syariah Nasional (DSN). 

Begitu juga MUI Sumatera Barat, katanya, sebagai lembaga keulamaan bukanlah bawahan dari Bank Nagari atau pihak mana pun sehingga bisa begitu saja diperintah sesuai dengan kemauan pihak-pihak tersebut.

Ia menandaskan, MUI Sumatera Barat telah mengantarkan sekian banyak DPS Lembaga Keuangan Syariah (LKS) ke DSN. Bahkan menjadi inisiator pertama terbentuknya Unit Usaha Syariah Bank Nagari. 

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar