Agam Dijadikan Objek Wisata Historis di Minangkabau

Senin, 25 Juli 2022 01:04 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka acara Jalan Santai Rang Agam Kota Padang, di Gunung Padang, Siti Nurbaya, Kota Padang, Minggu (24/7/2022). 

Acara yang dimulai pukul 6.30 ini, diikuti 100 anggota asal Agam. Rute jalan pagi bersama gubernur dan Harneli Mahyeldi ini dimulai dari Gerbang Gunuang Padang, Siti Nurbaya, sampai ke Pantai Aia Manih. Gubernur juga turut menyapa dan foto bersama dengan para warga yang sedang olahraga di sepanjang jalan.

Mahyeldi yang sekaligus Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Agam (KKA), bercerita tentang bagaimana peran para tokoh-tokoh Agam dalam memerjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia dan bagaimana peran tokoh tersebut hadir ketika negara ini sedang berada di dalam kesulitan.

"Tokoh-tokoh sejarah itu bisa kita jadikan semangat, contoh, dan suri tauladan. Seperti bagaimana surat kritikan yang ditulis Hatta kepada Bung Karno yang tidak pernah terpublish, terjaga dengan baik, dan tidak pernah terpublikasi ke masyarakat. Sehingga hal tersebut membuktikan kepada kita bagaimana etika atau cara orang Minangkabau ketika mengkritik,” ujar gubernur

 

 

Gubernur juga mengatakan, banyak tokoh pahlawan nasional berasal dari Agam. Itu sebabnya gubernur mengatakan, peninggalan para tokoh tersebut akan dijadikan objek wisata historis di Ranah Minangkabau.

“Kita sebagai orang Agam harus bisa menjaga apa yang diwariskan oleh pendahulu kita, sehingga hal tersebut menjadi bukti sejarah, bahwa orang Minangkabau yang banyak berkontribusi untuk kemajuan negara Indonesia ini sejak dulu,” lanjut gubernur.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Agam (KKA) Padang Guspardi Gaus menyampaikan, acara jalan santai tersebut juga bertujuan sebagai ajang silaturahmi para perantau di Kabupaten Agam yang berada di Kota Padang.

“Dengan adanya kegiatan Jalan Santai ini diharapkan para  perantau yang ada di Kota Padang, dan banyaknya tokoh-tokoh Kabupaten Agam yang ada di kota Padang dapat terjalin silaturahmi makin baik lagi,” tuturnya.

Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler