Terima Dubes Indonesia Untuk Vietnam, Mahyeldi Bahas Potensi Kerjasama

Selasa, 28 Juni 2022 15:14 WIB

Share
Terima Dubes Indonesia Untuk Vietnam, Mahyeldi Bahas Potensi Kerjasama
Foto: Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, menerima kedatangan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi, di Istana Gubernuran, Senin (27/6/2022).  Salah satu agenda pembicaraan, membahas potensi kerjasama. 

Pertemuan keduanya selain untuk mempererat dan memajukan hubungan bilateral Indonesia - Vietnam, juga membahas beberapa potensi kerjasama internasional, khususnya antara Vietnam dengan Provinsi Sumbar.

Dalam pertemuan tersebut, Mahyeldi menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kunjungan Dubes Denny ke Sumbar. 

Selain itu, menyampaikan terimakasih atas dukungan kedutaan di Vietnam untuk mewujudkan kerjasama sister city antara Kota Padang dengan Provinsi Ba Ria Vung Tau di Vietnam yang terjalin tahun 2016 silam, saat Mahyeldi menjabat Wali Kota Padang.

Seperti diketahui, alasan kuat kerjasama sister city adalah banyaknya kesamaan kedua daerah. Diantaranya, sama-sama memiliki pelabuhan dan potensi perikanan yang besar. 

Selain perikanan, beberapa bidang yang menjadi bagian dari kerjasama, antara lain pertanian, perkebunan, kehutanan, pendidikan,  pariwisata, dan budaya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menyampaikan di bidang pendidikan terdapat empat rencana yang akan dikerjasamakan, yaitu studi banding guru antar kedua daerah dan saling tukar pengetahuan.

“Harapannya antara Ba Ria Vung Tau dan Kota Padang dapat bertukar pikiran terkait sistem pengajaran bagi SD dan SMP, serta sharing pengetahuan terkait SDM, termasuk juga pertukaran pelajar di bidang perhotelan dan teknik,” ujar gubernur.

Sedangkan kerjasama di bidang sektor perikanan adalah tukar pengalaman terkait teknologi pengemasan hasil perikanan, pengolahan, serta pengawetan hasil perikanan. 

“Termasuk mengatur pengemasan aktivitas kelautan dan perikanan serta sharing teknologi terkait pembibitan teripang,” tambah gubernur.

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Haiqal Jibril
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar