Ini Pesan Bupati Safaruddin dalam Alek Batagak Pangulu di Rumah Godang Sungai Baringin

Selasa, 28 Juni 2022 22:13 WIB

Share
Ini Pesan Bupati Safaruddin dalam Alek Batagak Pangulu di Rumah Godang Sungai Baringin
Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Nyaris sebagian besar warga Nagari Sungai Baringin, Kecamatan Payakumbuh, tumpah ruah di Rumah Godang Sungai Baringin. Anak nagari, tua muda, besar kecil, bersuka cita merayakan Alek Batagak Pangulu. 

Pada Minggu 26 Juni 2022 lalu, dilewakan delapan Penghulu/Pangulu dari pasukuan Chaniago, Kuti Anyia, Melayu dan Mogek. Kebahagian semakin lengkap karena Alek Batagak Pangulu dihadiri oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro.

"Pangulu selaku pucuak pimpinan di setiap suku atau kaum, kedelapan pangulu yang dilewakan gelarnya pada hari ini, telah sesuai dan dianggap mampu oleh kaumnya mengemban amanah untuk memimpin masing-masing kaum," ucap Bupati Safarudddin dalam sambutannya.

Tak jauh beda dengan alek batagak pangulu di sejumlah tempat, Bupati Safaruddin kembali mengingatkan, perlunya ninik mamak merangkul kemenakannya.

"Terlebih di zaman digital ini, ninik mamak berperan besar untuk mengarahkan kemajuan generasi di kaumnya," pesannya.

Prosesi Batagak Gala di Rumah Godang Baringin, dimulai dengan pemasangan Deta dan penyematan Karih (red-Keris), sejumlah delapan orang penghulu dilewakan gelarnya pada Alek Batagak Pangulu Sungai Baringin kali ini.

Bupati Safaruddin menekankan, upaya memajukan anak kemenakan tersebut dapat terwujud jika setiap pangulu memiliki kesadaran untuk peningkatan kemampuan kepemimpinan dan pengetahuan. 

 

 

Selain itu, para "Datuak" tersebut hendaknya mampu mempertahankan adat istiadat yang ada di Sungai Baringin sehingga dengan invasi budaya luar yang menggerogoti adat budaya Minangkabau dapat diatasi. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar