100 Ulama Disebar di Masjidil Haram Mekah Layani Pertanyaan Jemaah Haji

Senin, 27 Juni 2022 13:55 WIB

Share
100 Ulama Disebar di Masjidil Haram Mekah Layani Pertanyaan Jemaah Haji
Foto net

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Ada dua masjid suci di Arab Saudi, yakni Masjidil Haram di Mekah, dan Masjid Mabawi di Madinah. Keduanya dikelola oleh Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci.

Terkait dengan ibadah haji tahun ini, Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci juga sangat memperhatikan jemaah haji dari seluruh negara di dunia. 

Untuk musim haji ini 100 ulama disebar di Masjidil Haram Mekah untuk menjawab pertanyaan dari jemaah haji dan jemaah selama perjalanan haji mereka. Dikutip sumbar.poskota.co.id dari laman poskota.co.id.

Tersebar di 10 lokasi berbeda di dalam Masjidil Haram, 100 ulama terdiri dari hakim elit dan anggota fakultas universitas yang dilatih untuk menjawab pertanyaan secara langsung atau melalui telepon melalui tujuh stan yang beroperasi sepanjang waktu.

Direktur Jenderal Dakwah dan Bimbingan Masjidil Haram, Majid Al-Masoudi, mengatakan “Respons yang ditawarkan oleh para ulama kepada jemaah haji sesuai dengan hasil dokumen Fatwa Dua Masjid Suci dan dampaknya dalam memfasilitasi perjalanan jemaah.”

Ulama juga memberikan tanggapan tentang ritual haji sesuai dengan fatwa yang sering dikeluarkan untuk menghindari fatwa yang tidak teratur, menyatukan ijtihad (penalaran independen oleh ahli hukum Islam), dan menghindari ucapan rasis dan kebencian.

Jemaah juga dapat memiliki pertanyaan mereka dijawab oleh robot di Masjidil Haram. Kepresidenan menawarkan layanan ini di pintu masuk utama area Mataf untuk memanfaatkan teknologi dan kecerdasan buatan.

Robot-robot ini mendukung 11 bahasa untuk memandu peziarah dari seluruh dunia, termasuk Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, dan Hausa.

Mereka membimbing peziarah tentang bagaimana melakukan ritual umrah mereka, mengeluarkan fatwa, menjawab pertanyaan dan memberikan kesempatan bagi orang untuk berkomunikasi dengan ulama dari jarak jauh.

Robot beroda empat ini memiliki layar sentuh 21 inci dan sistem penghentian cerdas yang memungkinkan mereka untuk dipindahkan dengan mudah. (Mit)

Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar