Bentuk Panitia dan Steering Committee, Dekopinda Kota Payakumbuh Gelar Musda

Minggu, 26 Juni 2022 12:20 WIB

Share
Bentuk Panitia dan Steering Committee, Dekopinda Kota Payakumbuh Gelar Musda
Foto: Dinas Kominfo Kota Payakumbuh

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID -  Berakhirnya masa kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Payakumbuh periode 2016-2021, maka dilaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) di Aula Balai Inseminasi Buatan, Sabtu (25/6/2022).

Ketua Panitia pelaksanaan Musda Dekopinda Kota Payakumbuh Indra Syofyan dalam sambutannya mengatakan, kepengurusan Dekopinda Kota Payakumbuh telah berakhir, setelah dilaksanakan rapat pengurus, maka dibentuk panitia dan steering committee (SC) nya pada hari itu juga.

"Peserta hari ini adalah gerakan koperasi yang mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2021. Koperasi yang aktif hadir pada hari ini. Kami sampaikan apresisasi kepada panita dan Dinas Koperasi dan UKM atas dukungan sehingga terlaksananya kegiatan pada hari ini," kata Indra.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kota Payakumbuh Maharnis Zul menjelaskan, dirinya sudah dua periode menjabat sebagai Ketua Dekopinda Kota Payakumbuh. Fungsi dari organisasi ini adalah untuk menampung aspirasi anggota gerakan koperasi sekaligus memberi arahan dan bimbingan hingga menyelesaikan masalah-masalah yang ada di koperasi.

"Saat ini ada 70 koperasi aktif di Kota Payakumbuh yang sudah RAT 59, maka artinya sekitar 84 persen sudah melaksanakan RAT dan membuat kita sebagai daerah tetinggi persentase koperasi yang melaksanakan RAT di Sumbar," jelasnya.

Ia sebut, kekayaan koperasi di Kota Payakumbuh sekitar Rp200 miliar atau 1/4 dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Payakumbuh. Bahkan, koperasi banyak membantu melalui THR dengan memberikan Rp6 miliar atau sekitar 3 persen dari aset yang ada, sementara itu anggota koperasi saat ini sekitar 12.000 orang.

"Partisipasi koperasi cukup besar di Kota Payakumbuh. Kami menyadari selama menjabat, mungkin jauh dari sempurna, semoga pengurus Dekopinda ke depan lebih baik lagi dari pada kami. Adapun kendala yang masih ada di Dekopinda antara lain, gedung tidak ada, Sekretaris Dekopinda yang sering bergonta ganti karena diisi oleh kabid koperasi yang sering dimutasi, serta tidak adanya dana untuk berkegiatan dari APBD, meski begitu kerja sama antara pemda dan Dekopinda baik, tak ada kendala selama ini," sebut Maharnis Zul. 

Ketua Dekopinwil Provinsi Sumbar Hendra Irwan Rahim berharap, Dekopinda Kota Payakumbuh dapat bergerak cepat, siapapun terpilih jadi ketua dan pengurus, semoga terus meningkatkan kesejahteraan koperasi di masa yang akan datang.

"Selamat melaksanakan musda, siapapun yang terpilih orangnya, kita setuju semua, yang terpenting Dekopinda harus lebih bagus lagi dari hari ini. Kami juga ucapkan terima kasih atas pengabdian Dekopinda periode sebelumnya," pesannya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Dahler mewakili wali kota dalam membuka musda tersebut, mengajak seluruh anggota dan pengurus koperasi untuk memberikan hal baru, membuat terobosan baru agar ada inovasi yang lahir dari gerakan koperasi yang ada di Kota Payakumbuh.

Halaman
Reporter: Edwarman
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar