Wagub Sebut Daging Ternak Terjangkit PMK Aman Dikonsumsi

Jumat, 24 Juni 2022 21:18 WIB

Share
Wagub Sebut Daging Ternak Terjangkit PMK Aman Dikonsumsi
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak bukan penyakit zoonotik sehingga tak dapat ditularkan pada manusia, dan juga aman dikonsumsi. 

Hal itu disampaikan saat pencanangan gerakan vaksinasi PMK yang dimulai Jumat (24/6/2022).

Pencangan vaksinasi tersebut ditandai dengan penyerahan 4.200 dosis vaksin PMK dan obat-obatan oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Kementerian Pertanian RI Tri Melasari selaku penanggungjawab PMK di Sumatera Barat kepada Wakil Gubernur Audy Joinaldy.

Menurut Wakil Gubernur, meski kasus PMK di Sumbar tergolong tidak parah, namun pemerintah tetap memberikan perhatian khusus menjaga situasi tidak memburuk. 

Terutama di daerah-daerah yang menjadi kantong peternakan dan sapi perah, seperti Padang Panjang, Agam, Solok, dan Solok Selatan. 

Wagub memastikan peternakan di ke empat wilayah tersebut untuk segera mungkin divaksin.

"Populasi sapi perah kita tidak terlalu banyak, ada 700 insyaallah dengan dosis yang ada sekarang cukup. Jadi Pastikan sapi perah, indukan dan sapi-sapi bantuan dalam dua hari ini tervaksin 100 persen, karena ini kan nilai ekonomisnya sangat tinggi," tegas Wagub.

Lebih lanjut ia menyampaikan agar masyarakat tidak perlu khawatir mengonsumsi daging hewan ternak. 

Menurut Wagub, PMK bukan penyakit zoonotik sehingga tak dapat ditularkan pada manusia.

 

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar