Gubernur Sumbar Minta Staf Ahli Jeli Lihat Potensi Pembangunan Daerah

Kamis, 23 Juni 2022 18:04 WIB

Share
Gubernur Sumbar Minta Staf Ahli Jeli Lihat Potensi Pembangunan Daerah

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, meminta kepada para staf ahli agar jeli melihat permasalahan dan potensi yang ada di suatu daerah.

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Tingkatkan Peran Staf Ahli Kepala Daerah Dalam Peningkatan Layanan Pimpinan, di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Rabu (22/6/2022).

Menurutnya, seorang staf ahli dapat dikatakan sebagai policy adviser bagi kepala daerah, baik gubernur maupun bupati atau wali kota. Di samping itu seorang ataf ahli memiliki kompetensi dan latar belakang dalam memberikan telaah terhadap permasalahan. 

“Salah satu contohnya adalah staf ahli harus mampu memberikan masukan kepada pembangunan di daerah. Seperti gedung dua lantai yang ada di samping SMA 1 Bukittinggi Landbouw yang sampai sekarang masih terbengkalai,” kata gubernur.

Ia mengatakan, bangunan tersebut merupakan aset strategis, mengingat harga tanah di Bukittinggi termasuk paling mahal di Indonesia, menurutnya, staf ahli harus melihat segi ekonomis bangunan tersebut seharusnya gedung tersebut bisa dibangun 15 lantai.

“Ini salah satu fakta bahwa kajian dan analisa hanya dilakukan oleh satu OPD saja, dan tidak dipikirkan oleh organisasi lainnya," ujarnya. 

Ia mengatakan, seharusnya gedung tersebut bisa dipakai dengan kegiatan yang lain, Akhirnya gedung tersebut digunakan untuk pelatihan diklat-diklat penyuluh pertanian saja.

Terkait hal ini, ia mengatakan, diperlukan peran staf ahli dalam mengaji hal seperti dan keterlibatan sekretaris daerah melihat peluang tersebut.

“Staf ahli harus jeli melihat potensi yang ada di suatu daerah dan kemudian memberikan masukan kepada kepala daerah,” ujarnya.

Gubernur juga berharap kepada seluruh staf ahli dapat mengembangkan diri dan meningkatkan wawasan agar pikiran-pikiran, gagasan, atau rekomendasi seputar pelayanan publik dan pemerintahan yang nanti akan disampaikan kepada kepala daerah. (Yusrizal)

Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Haiqal Jibril
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar