Ikuti Penilaian Kelurahan Berprestasi, Nunang Daya Bangun Dikunjungi Tim Provinsi

Selasa, 21 Juni 2022 21:41 WIB

Share
Ikuti Penilaian Kelurahan Berprestasi, Nunang Daya Bangun Dikunjungi Tim Provinsi
Foto: Dinas Kominfo Kota Payakumbuh

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Ikuti ajang lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Prov Sumbar) 2022, Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat dikunjungi oleh Tim Penilai Provinsi, Selasa (21/6/2022).

Wali Kota Riza Falepi dalam sambutannya mengatakan, selaku kepala daerah sangat mendukung dan mengapresiasi diselenggarakannya penilaian kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat, karena dengan adanya penilaian ini akan semakin memacu kelurahan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, serta dapat diperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan di waktu mendatang.

"Melalui kegiatan penilaian kelurahan berprestasi ini, juga akan meningkatkan peran aparatur pemerintah dalam membina dan memberdayakan masyarakat serta mendorong partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan, sehingga akan tercipta masyarakat kelurahan yang sejahtera," tutur Ari Ashadi.

Riza menjelaskan, Kota Payakumbuh sejak beberapa tahun terakhir terus berbenah diri, baik di bidang infrastruktur maupun dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Adapun di sektor ekonomi, masyarakat Payakumbuh yang lebih besar bekerja di sektor perdagangan dan jasa, pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan. 

"Juga salah satunya yang sangat menarik telah berkembang di Kelurahan Nunang Daya Bangun, yaitu dengan adanya sentra-sentra ekonomi masyarakat di pasar Kota Payakumbuh yang sebagian merupakan wilayah Nunang Daya Bangun," jelasnya.

Ia juga memaparkan, kondisi demografis yang terdiri dari multi etnis dimana terdapat etnis Tionghoa yang berada di Nunang Daya Bangun, menjadi salah satu unggulan, karena adanya pembauran yang positif demi kesejahteraan masyarakat.

"Terkait dengan pemberdayaan masyarakat, Kota Payakumbuh selalu mendorong pertumbuhan UMKM yang terdiri dari home industri, barang dan jasa. Terbukti dengan adanya UMKM di Nunang Daya Bangun seperti, usaha kue, tembakau, kerupuk kulit, dan yang unik usaha kerupuk jengkol yang terus berkembang dan sangat berpengaruh dalam hal penyerapan tenaga kerja, khususnya bagi masyarakat Nunang Daya Bangun. Pemberdayaan masyarakat juga terlaksana melalui gerakan PKK dan LPM," papar Riza.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Amasrul mengatakan, pembinaan dan pengawasan oleh pemerintah pusat maupun daerah merupakan salah satu bentuk dalam melaksanakan evaluasi atas apa yang telah berlangsung di tengah masyarakat, sebagaimana hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, melalui penyelenggaraan lomba desa dan kelurahan.

"Dengan merujuk Permendagri tersebut, maka dilaksanakan lomba kelurahan berprestasi di tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2022. Dan dalam hal ini Kota Payakumbuh turut ambil andil dengan mengutus Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat yang telah juara di tingkat kecamatan dan tingkat kota," tutur Amasrul.

 

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar