Pemko Bukittinggi Segera Bangun Kanopi di Jalan Minangkabau Rp4,6 Miliar

Minggu, 12 Juni 2022 18:08 WIB

Share
Pemko Bukittinggi Segera Bangun Kanopi di Jalan Minangkabau Rp4,6 Miliar
Pemko Bukittinggi sosialisasikan rencana pembangunan kanopi di Jalan Minangkabau kepada pedagang (Foto: Humas Pemko Bukittinggi)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota Bukittinggi akan membangun kanopi atau awning di Jalan Minangkabau Pasar Atas dengan anggaran senilai Rp4,6 miliar. 

Menurut rencana, awning akan dibangun dengan panjang sekitar 103 meter dan lebar 7 meter serta tinggi 10 hingga 12 meter. 

Hal itu terungkap setelah Pemko Bukittinggi melakukan sosialisasi rencana pembangunan tersebut kepada 35 pedagang dan pemilik toko, dari 85 orang yang diundang, di Aula Balaikota, Minggu (12/6/2022).

"Untuk pelaksanaannya, telah masuk dalam APBD 2022," ungkap Sekda Martias Wanto, dalam keterangan resminya. 

Ia menjelaskan, konsep atap, meniru konsep atap gonjong Rumah Gadang. Pembangunan dilaksanakan serepresentatif mungkin hingga menciptakan kenyamanan bagi pedagang serta pengunjung pasar. 

Martias mengatakan, setelah ditetapkan dalam APBD tahun 2022 rencana pembangunan awning di Jalan Minangkabau, Pemko melakukan persiapan administratif, sesuai ketentuan. 

Selanjutnya, dilakukan sosialisasi ke seluruh pedagang/pemilik toko yang berada di Jalan Minangkabau.

Ia menjelaskan, saat ini ada tiga jenis status pedagang di Jalan Minangkabau, yaitu pemilik sertifikat hak milik (SHM), pemilik hak guna bangunan (HGB) dan pedagang yang belum tercatat status kepemilikan dan penggunaan pasar secara jelas.

Sesuai arahan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, kata Sekda, aktifitas perdagangan di kawasan Jalan Minangkabau agar dikelola secara tertib, rapi dan indah.

"Pembangunan awning dilakukan dalam rangka membangun bersama kota Bukittinggi," tegas Sekda. 

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Haiqal Jibril
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar