Gubernur Sumbar Imbau Perkokoh Persatuan Bangun Nagari

Senin, 30 Mei 2022 19:08 WIB

Share
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka memerkokoh silaturrahim antar perantau asal Minangkabau se-tanah air, Ikatan Minang Bersatu menggelar halal bi halal di Aula Hotel Asrilia, Bandung, Minggu (29/5/2022).

Halal bi halal ini bertujuan sebagai wadah bersama-sama membangun baik Sumbar maupun di Indonesia sebagai langkah hidup berbangsa dan bernegara.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyebut bahwa banyaknya perantau minangkabau yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, menjadi potensi dalam pemersatu kehidupan berbangsa dengan berbekal adat dan budaya Minangkabau, yaitu adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, yang merupakan kebanggaan dan identitas orang Minangkabau.

Menurut gubernur, berbagai macam organisasi Minangkabau yang dibentuk di rantau, berpotensi menyatukan berbagai organisasi dan bisa menjadi kekuatan yang besar untuk Sumbar, baik untuk kampung halaman maupun perantauan.

“Dalam historinya orang Minangkabau banyak memberikan kontribusi untuk negara Indonesia mulai dari pembentukan kemerdekaan RI bahkan setelah merdeka pun orang Minangkabau masih berkontribusi dalam kemajuan Indonesia” ucap Mahyeldi.

 

 

“Maka dari itu perlunya kita bersatu agar bisa tetap menjadi terdepan dalam memberikan kontribusi dalam hidup berbangsa dan bernegara seperti Bung Hatta, Tan Malaka, Sutan Sjahrir dan lainnya,” lanjut gubernur.

Asril Das Ketua Gebu Minang yang menggagas Ikatan Minang Bersatu Jawa Barat menyampaikan, poin penting pembentukan Ikatan Minang Bersatu dimaksud, yaitu dalam rangka cinta kampung halaman dan bukan untuk bersaing dengan organisasi yang ada.

"Kehadiran Ikatan Minang Bersatu ini juga untuk menyatukan dunsanak yang di rantau dalam memberikan kontribusinya untuk pemerintah provinsi Sumatera Barat maupun di di rantau,” ucap Asril.

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar