Diduga Sindir Jokowi, Rizal Ramli Sebut Tampil Sok Merakyat Kebijakan Prooligarki

Senin, 30 Mei 2022 12:06 WIB

Share

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Ekonom senior Rizal Ramli diduga menyentil Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang selama ini kerap tampil merakyat, namun kebijakan-kebijakannya tidak berpihak kepada rakyat.

“Ada yang penampilannya sok merakyat, tapi kebijakan-kebijakannya kebanyakan antirakyat dan sangat pro-oligarki,” sindir Rizal Ramli melalui Twitter-nya yang dikutip Poskota Sumbar, Senin (30/5/2022).

Dia juga menyindir bahwa Jokowi tidak pernah berada dalam perjuangan demokrasi. Tetapi dia memanfaatkan demokrasi dengan membangun politik dinasti dan semiotoriter.

“Tidak pernah memperjuangkan demokrasi, tapi menarik manfaat dari demokrasi. Ketika berkuasa, menarik mundur demokrasi dan membangun sistem semiotoriter dan dinasti KKN. Aib,” ujar Rizal Ramli.

Lebih lanjut, Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini mengatakan, dirinya anti-KKN dan otoriter sejak masih menjadi mahasiswa. Rizal bahkan merasakan dinginnya jeruji besi sebagai aktivis di masa Soeharto.

“RR itu anti KKN dan anti otoriter sudah sejak mahasiswa ITB. Dengan kawan-kawan 1977/78 diadili dan dipenjara 1,5 tahun di Sukamiskin. Track record RR itu konsisten anti-KKN dan anti otoriter, siapa pun yang berkuasa, di dalam maupun di luar pemerintah gitu aja ribet,” katanya.

Rizal Ramli juga menilai bahwa Jokowi membangun dinasti politik melebihi presiden mana pun.

“Bung Karno, Soeharto, Habibie dan Gus Dur kalah nekad ! Ini ndak ngerti, ndak paham perjuangan anti KKN? Atau ndak paham etika pejabat negara tidak boleh konflik kepentingan? Opo ya penjelasannya?” katanya. [Ghina]

Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler