JMSI Bukittinggi Gelar Pelatihan Teknik Dasar Jurnalistik

Minggu, 29 Mei 2022 11:26 WIB

Share
Foto net
Foto net

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID -  Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bukittinggi akan menggelar pelatihan teknik  dasar jurnalistik bagi wartawan pemula dan masyarakat umum yang berminat menjadi jurnalis. 

Sekretaris Pengcab JMSI Bukittinggi Hamriadi menjelaskan, pelatihan tersebut dinilai sangat urgen dan mendesak, karena belakangan ini banyak hasil karya wartawan kurang update, terkait dengan penguasaan tata bahasa. 

"Sekarang banyak bahasa serapan dari bahasa asing, seiring dengan berkembangnya media online," ujarnya, Minggu (29/5/2022). 

Ia mencontohkan, istilah upload, share, online, dan lain sebagainya yang kerap menjadi rancu ketika diberi imbuhan dalam tata Bahasa Indonesia. 

Selain itu, katanya, JMSI juga bertanggungjawab terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) anggotanya, sehingga wartawan yang tergabung dalam JMSI, dapat menunjukkan profesionalitas dalam menjalankan tugasnya di lapangan. 

Hamriadi mengatakan, pelatihan teknik dasar jurnalistik ini, diputuskan dalam rapat pada Jumat (27/5/2022), yang dihadiri seluruh anggota JMSI Bukittinggi. 

Pada rapat tersebut, ditunjuk Ketua Panitia  Pelaksana Khairunnas, Sekretaris Adju dan Bendahara Juliana. 

Sedangkan pemateri dalam pelatihan tersebut, yaitu Pemimpin Redaksi Poskota Sumbar Yusrizal Karana,  Pemimpin Redaksi Valoranews Al Imran dan Pemimpin Redaksi Lintastiga Hamriadi. 

Ketua Panitia Khairunnas mengatakan, setiap peserta yang lolos pelatihan akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan JMSI setelah melalui ujian akhir berupa menulis berita pres kelar. 

"Pelatihan ini tidak dipungut biaya tetapi peserta wajib disiplin karena kalau alfa, langsung dicoret," tandasnya. (Ghina)

Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler