Hindari Antre, Mulai 2024 Bayar Tol tak Pakai Kartu Lagi

Minggu, 22 Mei 2022 13:09 WIB

Share
Hindari Antre, Mulai 2024 Bayar Tol tak Pakai Kartu Lagi
Antrean di gerbang tol segera hilang setelah pengguna jalan tak lagi pakai kartu (Foto: Ist)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Bayar tol tanpa sentuh atau multi lane free flow (MLFF) dipastikan mulai diterapkan secara bertahap dan digunakan penuh pada 2024. Dalam waktu dekat, pengguna tol tidak lagi pakai kartu.

Melalui keterangan resminya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, menyebutkan penerapan teknologi tanpa sentuh ini membuat para pengguna tol tidak perlu antre di gerbang tol untuk pembayaran. Teknologi ini juga menghemat waktu dan memutus kemacetan.

MLFF memanfaatkan sistem Global Navigation Satelit System (GNSS) sehingga bayar tol pakai aplikasi di smartphone yang dipantau satelit. 

Pada MLFF, perangkatnya  dilengkapi Electronic On-Board Unit (E-OBU) dan Electronic Route Ticket. 

Aplikasi ini memudahkan pengguna tol dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan.

Dengan transaksi tanpa sentuh MLFF, kata Danang, sangat membantu para pengendara karena menghilangkan waktu antrean, sehingga, menghindari penumpukan kendaraan yang berdampak pada kemacetan di gerbang tol.

"Manfaat lain adalah efisiensi biaya operasi dan meminimalisir bahan bakar kendaraan," ujar Danang dalam keterangan pers, Minggu (22/5/2022). 

Selain memudahkan pengguna jalan karena bayar tol tanpa hambatan, informatif, aman, nyaman, dan berkelanjutan, juga, dapat meningkatkan efisiensi pendapatan tol dan mengurangi kemacetan pada jam padat.

Pada tahap awal, implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol. 

"Namun sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," pungkasnya. (Ghina)

Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Yusrizal Karana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar