Mahyeldi Buka Bimbingan Teknis Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji

Jumat, 20 Mei 2022 09:13 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto: Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Jelang keberangkatan jemaah haji embarkasi Sumbar, Gubernur Mahyeldi membuka bimbingan teknis bagi calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang baru saja dilantik di Aula Asrama Haji Padang, Kamis (19/5/2022).

Dalam pembukaan bimtek, yang diselenggarakan Kementerian Agama Kantor Wilayah Sumbar itu, Mahyeldi berpesan agar petugas nantinya dapat melayani jemaah haji secara optimal, serta dapat memastikan seluruh rangkaian ibadah haji terjaga dengan baik.

"Amanat tugas yang diemban PPIH begitu mulia, membantu jemaah menyempurnakan rukun Islam, oleh sebab itu harus dilaksanakan secara excellent," pesannya.

Menurut Mahyeldi, berangkat haji merupakan ibadah yang ditunggu-tunggu banyak umat Muslim. Bahkan tidak sedikit yang menunggu bertahun-tahun agar bisa berhaji, sehingga sangat disayangkan jika ibadah yang dilakukan nantinya tidak maksimal.

"Di sinilah peran PPIH, melalui bimtek ini diharapkan PPIH mampu memberikan pelayanan terbaik agar nilai ibadah dapat dioptimalkan para jemaah. Jangan sampai lebih banyak thawaf di luar Masjid daripada di dalam Masjid," katanya lagi.

Menyampaikan hal senada, Kakanwil Kemenag Sumbar Helmi menyebutkan, bimtek terintegrasi yang diikuti petugas PPIH sangat penting, karena berkaitan dengan seluruh penugasan dalam pelayanan haji kelak. 

Melalui bimtek tersebut, Ia berharap peserta hendaknya dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab, agar jemaah terbimbing dan mendapat kemudahan selama pelaksanaan ibadah, baik selama di tanah suci, maupun sekembalinya ke tanah air nanti.

"Peserta merupakan orang-orang pilihan yang telah lolos seleksi melalui uji kompetensi CAT dan wawancara Kementerian Agama dari tingkat daerah hingga pusat," ujarnya.

 

Ditambah lagi, katanya, telah mengikuti pembekalan, peserta tentu akan bertugas secara berintegritas, profesional, inovatif, dan bertanggungjawab

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Yusrizal Karana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler