Gubernur Mahyeldi Ingatkan 3 Cita-cita Budi Utomo

Jumat, 20 Mei 2022 13:41 WIB

Share
Gubernur Mahyeldi Ingatkan 3 Cita-cita Budi Utomo
Foto: Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, ada tiga cita-cita kebangkitan nasional yang dipegang erat organisasi pergerakan nasional, yang didirikan Dr. Sutomo dan para mahasiswa, yaitu Budi Utomo. 

Tiga cita-cita itu adalah,  memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Hal itu ia sampaikan saat membaca sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, ketika menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022, di halaman Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Jumat (20/5/2022).

Pada kesempatan itu, gubernur juga mengajak untuk memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya memerkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 

"Momentum Hari Kebangkitan Nasional ini, saya mengajak semua stakeholder pemerintah provinsi untuk secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memerbarui semangat sinergi dan kerjasama dengan pemerintah pusat melalui gotong-royong," ungkapnya. 

Ia menyebutkan, semangat peringatan Harkitnas menjadi tonggak guna menyamakan gerak langkah memperkuat merajut kebersamaan dan memperkuat gotong royong untuk bersama-sama memajukan negeri.

"Pesan dari Harkitnas pada hari ini ialah, bagaimana  sinergi dan kolaborasi kerjasama dan kesatuan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus terbangun lebih kuat, hal tersebut mesti  dirawat, karena di dalamnya ada nilai-nilai etika pemerintahan, kemudian peraturan yang ada harus kita taati," imbuhnya. 

Hari Kebangkitan Nasional ke-114 yang dibarengi dengan launching  Core Values ASN Berakhlak dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa ini, Gubernur berharap dengan adanya launching ASN berakhlak tersebut, para ASN bisa lebih baik memberikan layanan prima kepada masyarakat. 

"Semoga dengan diluncurkannya program ASN Berakhlak, para ASN di lingkup sumbar dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Sumbar, oleh sebab itu ASN berakhlak ini mudah-mudahan menjadi bagian yg memotivasi kita untuk memberikan yang  terbaik bagi masyarakat Sumbar di masa-masa yang akan datang," harapnya. 

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan ziarah makam pahlawan nasional bertempat di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Lolong Belanti, Padang Utara. 

Halaman
1 2
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Yusrizal Karana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar