Pemko Bukittinggi Klaim Belum Temukan Kasus Hepatitis Akut pada Anak

Kamis, 12 Mei 2022 20:48 WIB

Share
Pemko Bukittinggi Klaim Belum Temukan Kasus Hepatitis Akut pada Anak
Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi drg Salvi Raini (Foto Dinas Kominfo Bukittinggi)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota Bukittinggi mengklaim belum ditemukan kasus hepatitis akut yang menyerang anak di bawah umur di Kota Wisata ini, bahkan di wilayah Sumatera Barat. Untuk itu, diminta agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Namun berdasarkan catatan Poskota Sumbar, seorang bayi dari Kabupaten Solok meninggal dunia karena diduga suspek hepatitis akut. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Zulhendri menyatakan, kasus kematian bayi itu masih dalam penyelidikan, karena belum ada kepastian dari pemeriksaan laboratorium tentang gejala penyakit yang dideritanya.

Ia menjelaskan bayi malang itu meninggal di RS Hermina Padang pada 2 Mei 2022. Sebelumnya, dia sempat dirawat di RSIA Permata Bunda Kota Solok. Kemudian, bayi itu dirujuk ke RS Hermina di Kota Padang.

Namun Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi drg. Salvi Raini menjelaskan, kasus hepatitis akut belum ditemukan di Sumatera Barat. 

"Dari catatan kita dan Informasi yang disampaikan dari lini terbawah, belum ada kasus hepatitis akut di Bukittinggi," ujarnya Kamis (12/5/2022). 

Guna langkah antisipasi, katanya, ia sudah membuat surat imbauan ke seluruh rumah sakit dan juga ke seluruh puskesmas agar membuat semacam standar operasional prosedur (SOP) mekanisme rujukan," jelas Salvi.

Ia mengatakan, kader posyandu juga telah diberikan pemahaman terkait hepatitis akut ini. Karena para kader merupakan lini terdepan yang dekat dengan masyarakat.

"Untuk kader, kita harapkan partisipasinya ketika dia menemukan gejala-gejala yang mirip dengan kasus hepatitis ini segera dilaporkan ke puskesmas terdekat," harapnya.

Untuk diketahui, hepatitis akut, sangat rentan terjangkit pada anak usia di bawah dua tahun. 

Halaman
1 2
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler