Cuaca Ekstrem, BPBD Padang Imbau Warga Waspada

Kamis, 12 Mei 2022 16:03 WIB

Share
Salah satu pohon tumbang akibat cuaca buruk di Kota Padang (Foto: Dok BPBD)
Salah satu pohon tumbang akibat cuaca buruk di Kota Padang (Foto: Dok BPBD)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - BMKG mengeluarkan peringatan tentang cuaca ekstrem, hujan lebat disertai angin kencang. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang mengimbau, warga tetap waspada terhadap kondisi iklim sekarang ini.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana BPBD Padang Basril mengingatkan, saat ini cuaca susah ditebak, karena cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang.

Hal itu, katanya, bisa berdampak pada banjir, longsor, pohon tumbang, dan juga angin puting beliung.

"Jadi masyarakat diingatkan untuk hati-hati, terutama yang sedang beraktivitas di luar rumah. Terutama sekali, hindari parkir mobil atau berteduh di bawah pohon karena itu membahayakan," kata Basril di Padang, Kamis (12/5/2022).

Ia mengatakan, hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Padang, Rabu kemarin, mengakibatkan sejumlah pohon besar tumbang.

Pohon tumbang terjadi hingga menghambat akses jalan serta menimpa rumah di 26 titik Kota Padang. 

Rinciannya, 23 pohon tumbang dan tiga rumah porak poranda hingga atapnya diterbangkan angin puting beliung.

"Berdasarkan laporan sudah terjadi pohon tumbang yang terjadi di 26 titik di Kota Padang, kebanyakan menimpa rumah," ungkap Basril.

Lokasi pohon tumbang, lanjut Basril, diantaranya menimpa rumah di RT 01 RW 04 Kelurahan Pampangan Nan XX Kec. Lubuk Begalung Nan XX, serta di RT 02 RW 6 Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh.

Pohon tumbang yang juga menghambat akses jalan juga terjadi di RT 04 RW 04 Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Kecamatan Pauh. 

Halaman
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Yusrizal Karana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler