2,7 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 1443 H

Kamis, 12 Mei 2022 06:55 WIB

Share
Foto: PT Hutama Karya
Foto: PT Hutama Karya

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak total 2.690.458 kendaraan telah melintas di seluruh ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola Hutama Karya, baik yang telah beroperasi secara penuh maupun secara fungsional selama selama mudik Lebaran 1443 H (25 April – 9 Mei 2022).

Angka tersebut merupakan akumulasi dari tujuh ruas yang telah dioperasikan yakni Bakauheni – Terbanggi Besar, Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Palembang – Indralaya.

Selain itu, ruas tol Pekanbaru – Dumai, Medan – Binjai, Ruas Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat, Sigli – Banda Aceh (Seksi 2, 3 dan 4) serta ruas fungsional yakni Bengkulu – Taba Penanjung dan Pekanbaru – Bangkinang.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, meskipun masih banyak pemudik di Pulau Sumatera yang belum kembali ke daerah asal, namun lonjakan lalu lintas arus balik telah terjadi pada Minggu (7/5/2022) lalu.

"Total sebanyak 227.889 kendaraan melintas di seluruh JTTS pada Minggu dengan jumlah kendaraan yang meninggalkan Sumatera menuju Jawa sebanyak 73.182 kendaraan melalui Exit Gate Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara,” tutur Dwi dalam rilisnya Rabu (11/5/2022).

Ia menyampaikan, hasil evaluasi dari periode Mudik Lebaran tahun ini, meski terdapat lonjakan trafik di JTTS, namun tidak terjadi kemacetan yang berarti berkat strategi dan persiapan matang yang diterapkan di lapangan.

Strateginya, antara lain, penerapan sistem holding di rest area dengan mengarahkan kendaraan masuk ke rest area untuk mengurangi penumpukan di gerbang tol hingga jalur alternatif.

“Sejak H-2 bulan sebelum mudik, kami telah mempersiapkan berbagai pelayanan dan simulasi
jalur alternatif agar tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu kenyamanan pemudik.”
tambahnya.

Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan booth-booth pembelian tiket ferry di rest area bekerjasama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), penambahan mobile reader and top-
up asongan, peringatan melalui VMS dan speaker di Gerbang Tol dan rest area.

Kemudian memerbanyak fasilitas toilet dan SPBU, bekerjasama dengan pihak kepolisian daerah setempat melaksanakan vaksinasi gratis di rest area.

Ia juga menyiapkan jalur anternatif apabila terjadi antrean hingga menyediakan informasi mudik secara lengkap dengan pembagian flyer dan buku panduan digital serta melalui website perusahaan dan aplikasi HK Toll Apps.

“Alhamdulillah dengan strategi dan antisipasi yang telah disiapkan, seluruh pelayanan mudik di jalan tol yang dikelola Hutama Karya tahun ini berjalan lancar.

PT Hutama Karya juga mengucapkan terimakasih kepada Kepolisian, Dinas Perhubungan, ASDP, BNPB, Pemprov daerah setempat serta pihak-pihak terkait lainnya, sehingga proses Mudik Lebaran 1443 H berlangsung aman dan nyaman bagi semua pemudik," pungkas Dwi Aryono Bayuaji. (Ghina)

Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Yusrizal Karana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler