TMMD Ke-113 Dimulai Serentak di Pasaman dan Dharmasraya

Rabu, 11 Mei 2022 20:43 WIB

Share
Foto: Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar
Foto: Dinas Kominfotik Pemprov Sumbar

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka TNI Manunggal Membangun  Desa (TMMD) ke-113 di Kabupaten Pasaman. Sedangkan Wakil Gubernur Audy Joinaldy membuka acara serupa di Kabupaten Dharmasraya, pada hari yang sama, Rabu (11/5/2022).

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Mahyeldi, didampingi Bupati Pasaman Benny Utama, Kasrem 032/WB Kolonel Inf Josep Sidabutar, Sekdakab Pasaman Mara Ondak dan Dandim 0305 Pasaman Letkol Hery Bakty.

Acara yang bertema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun" itu, dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan naskah berita acara program TMMD/N ke-113 Tahun Anggaran 2022.

Dansatgas TMMD ke-113 Pasaman Letkol Hery Bakti menyebut, kegiatan yang berlangsung dari 11 Mei hingga 9 Juni itu, dipusatkan di Jorong Tanjung Bungo, Nagari Ganggo Hilir, Kecamatan Bonjol.

Ada pun sasaran fisik program tersebut, berupa pembukaan jalan, pelebaran sekaligus pengerasan jalan sepanjang 1550 M, dengan lebar 8 meter.

Gubernur Mahyeldi, menyambut baik sasaran fisik TMMD ke-113 yang akan membuka akses dan menghubungkan kawasan Bonjol Kabupaten Pasaman dengan Kinali, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Pembukaan akses ini akan menumbuhkan perekonomian, akses masyarakat Pasaman dan Pasaman Barat menuju tol, nanti juga akan cepat,"  ungkap Gubernur.

 
Akses jalan juga akan memerpendek jarak, memudahkan transportasi logistik, bagi pedagang, petani. Apalagi di Rao akan dibangun pabrik pakan ikan, sehingga bisa dengan cepat dikirim ke Riau, imbuhnya.

Bupati Pasaman Benny Utama, juga mengungkapkan hal serupa. TMMD merupakan bentuk sinergi pemda dengan TNI. Melalui program ini diharapkan ada pemerataan pembangunan yang lebih baik, sekaligus meningkatkan semangat gotong-royong.

"Sasaran dalam TMMD adalah jalan Bonjol - Suliki sepanjang 7,4 km. Tahap 1 ini baru bisa dianggarkan untuk 3,2 km. Sisanya menunggu penyelesaian administrasi soal hutan lindung. Kami mohon dukungan gubernur soal tersebut," kata bupati.

Usai pembukaan, gubernur bersama rombongan meninjau lokasi sasaran fisik TMMD sekaligus meninjau posko komando taktis yang merupakan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Ganggo Hilia.

Guna mendukung pembangunan infrastruktur, TMMD mendapat dukungan dari berbagai badan dinas/instansi/lembaga pemerintahan/ stakeholder, diantaranya dari PT. Semen Padang, Bank Nagari, Pegadaian, Baznas. (Ghina)

Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Yusrizal Karana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler