Wali Kota Payakumbuh dan Bupati Mentawai Akhiri Masa Jabatan 2022
Selasa, 19 April 2022 11:12 WIB
Share
Riza Falepi dan Yudas Sabaggalet (Foto Ist)

SUMBAR.POSKOTA.CO.ID - Dua kepala daerah, masing-masing Wali Kota Payakumbuh dan Bupati Mentawai di Sumatera Barat, mengakhiri jabatannya dalam tahun 2022. Mereka nantinya akan digantikan Penjabat Kepala Daerah hingga selesai Pilkada Serentak November 2024.

Payakumbuh merupakan salah satu dari 18 kota di Indonesia yang jabatan wali kotanya habis masa jabatan. 

Sementara Mentawai termasuk salah satu dari 76 kabupaten di Indonesia yang bupatinya juga harus meletakkan jabatan karena habis masa tugasnya.

Jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh yakni Riza Falepi dan Erwin Yunaz habis pada 23 September 2022. Sedangkan jabatan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dan Wakil Bupati Kortanius Sabeleake habis pada 22 Mei 2022 mendatang.

Wali Kota dan Bupati tersebut akan diganti dengan Penjabat (Pj) Kepala Daerah hingga terpilih yang definitif pada 2024 mendatang.

Pada 2023 juga ada empat kota yang wali kotanya habis masa jabatan, yakni Sawahlunto, Padang Panjang, Pariaman dan Padang.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar pemilihan Penjabat Kepala Daerah dilakukan secara selektif.

Menurutnya, Penjabat Kepala Daerah yang akan bertugas hingga pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 harus memenuhi kualifikasi, berintegritas dan tahu kondisi rill pembangunan daerah yang akan dipimpinnya.

“Sehingga bisa langsung tancap gas melakukan kerja-kerja buat rakyat di daerahnya,” kata Puan dalam keterangannya, Senin (18/4/2022).

Gelombang pertama Penjabat Kepala Daerah akan mulai bertugas pada pertengahan Mei 2022 dengan jumlah 101 untuk memimpin di lima provinsi, enam kota, dan tiga kabupaten.

Halaman
1 2
Reporter: Yusrizal Karana
Editor: Admin Local
Sumber: -